Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Peningkatan Penjualan Bakpia Ulir Surabaya

Authors

  • Sulis Setyowati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Saqofa Nabilah Aini UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22373/xm84r108

Keywords:

Bakpia Ulir Surabaya, Bauran pemasaran syariah, Peningkatan penjualan, 4P

Abstract

Dalam bauran pemasaran syariah, ada beberapa batasan, yaitu produk yang dijual harus halal dan berkualitas tinggi. 
Penetapan harga harus didasarkan pada nilai yang wajar dan tidak boleh dinaikkan secara berlebihan. Lokasi usaha 
harus bebas dari sengketa, dan promosi harus dijalankan tanpa unsur penipuan. Metode penelitian yang digunakan 
dalam penelitian ini adalah peneltian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasikan di home industry di Gang Benteng 
1 No. 31, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Subjek penelitian yang diteliti yaitu Bakpia Ulir 
Surabaya milik UD. Oca Surabaya. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik 
pengumpulan data yakni dengan observasi dan wawancara. Analisis data kualitatif yakni dengan melakukan langkah
langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. UD Oca Surabaya mengalami peningkatan setelah 
memperoleh sertifikat halal pada tahun 2021. Peningkatan tersebut terlihat dari meningkatnya kepercayaan konsumen 
terhadap produk dan jangkauan pemasaran yang menjadi lebih luas. Penerapan bauran pemasaran syariah yang 
dilakukan oleh UD. Oca Surabaya telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan penjualan produk Bakpia 
Ulir Surabaya. Penerapan bauran pemasaran syariah telah memberikan manfaat bagi perusahaan dan juga bagi 
konsumen. 

References

Arbi, A., Baining, M. E., & Rohana, R. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Penjualan pada Depot Air Minum Isi Ulang Water Zone. … Ilmu Ekonomi Dan …, 2(3).

Bawana, T. A., Arum Indiharwati, Suharyono, Novriansyah, Y., Sunarta, D. A., Bisyriani, A., & Bulqis, R. (n.d.). Pemasaran Syariah (Teori dan Aplikasi Dalam Ekonom Islam). In 2023. 2023.

BPJPH Kemenag. (n.d.). Cek Sertikasi Produk Halal Bakpia Ulir Surabaya.

Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. In PT Grasindo.

Eranandi, J., Setiawan, A., Sari, W. P., A’yun, Q., Aprita, Y., Yupiana, D., … Setiawan, A. (2024). Pemasaran Syariah. In Bandung:Widina Media Utama.

Fathoni, M. A. (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdictie, Vol. 9, p. 128. Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. https://doi.org/10.18860/j.v9i1.5135

Ibrahim, M. (2021). Metode Penelitian kualitatif Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif. Retrieved from https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Penelitian_kualitatif&action=history

Khoirunissa, N. A., & Dewi, A. (2023). Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Lebah Madu Di Desa Bojong Murni. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 131–141. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7233

Kurniawati, D., Wardani, D. K., Putra, D. E., Wardani, N. A., & Karimah, R. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bakpia di Kabupaten Jember. 23(3), 294–305.

Lusananta, D. T., & Ridlwan, A. A. (2023). Penerapan Bauran Pemasaran Islam untuk Meningkatkan Omset Penjualan pada Bisnis Kafe Takanagari Sidoarjo. Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussiness, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.24256/dinamis.v6i1.3426

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Astuti, R. (2023). Penerapan Bauran Pemasaran Dalam Perspektif Syariah Islam. Jesya, 6(2), 2083–2096. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1251

Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234

Safa’atin, H. N., Anggarwati, D., & Supeno, B. (2022). Marketing Mix : Meningkatkan Volume Penjualan Umkm Di Era Covid-19. Jurnal Manajerial, 21(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/manajerial.v21i1.45537

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Zahrah, Baining, M. E., & Anggraini, D. (2024). Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Toko Bangunan Family Kita Merlung). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 235–249.

Published

2025-08-02