Pengaruh Diskon Tanggal Kembar dan Online Costumer Review Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif dalam Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.22373/py2dhb04Keywords:
Diskon Tanggal Kembar, Online Customer Review, Perilaku Pembelian Impulsif, Perspektif IslamAbstract
Kebiasaan berbelanja secara online membuat masyarakat cenderung melakukan pembelian impulsif. Secara Islam pembelian impulsif dianggap boros dan tidak bijak karena Islam mengajarkan untuk berbelanja dengan pertimbangan yang matang, mengendalikan diri dan menggunakan harta untuk hal-hal yang bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon tanggal kembar dan online customer review secara parsial dan simultan serta perbedaan terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace dalam perspektif Islam pada masyarakat kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan diskon tanggal kembar secara parsial berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif e-commerce Shopee, sedangkan pada e-commerce Tokopedia tidak berpengaruh. Online customer review Shopee dan Tokopedia secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif. Diskon tanggal kembar dan online customer review secara simultan berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif Shopee dan tidak berpengaruh pada e-commerce Tokopedia. Variabel diskon tanggal kembar, online customer review, dan perilaku pembelian impulsif pada e-commerce Shopee dan Tokopedia tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
References
Afida, A., & Zamzami, M. T. (2020). Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 04(2), 96–111.
Agustina, R. S., Mufti, A. M., Rahmawati, I., & Fahrani, I. (2024). Analisis Kecenderungan Pembelian Secara Impulsif Ditinjau Dari Sudut Pandang Islam. 03(01), 52–60.
Akbar, M. N., & Irawati, F. E. (2023). Pengaruh Promosi dan Diskon Pada Keputusan Pembelian di Ada Swalayan Kudus. Jurnal Bisnis Digital Dan Sistem Informasi, 4(1), 30–37.
Alawiyah, T. (2023). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5418–5426.
Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 151–164.
Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(1), 25–33.
Badan Pusat Statistik Kota Banda Aceh (@bpskotabandaaceh). (2024). Hari Media Sosial Indonesia. Diambil pada 9 Januari, 2025, dari https://www.instagram.com/p/C8B2IEZyTzF/?img_index=1&igsh=MWRxNzNpcmc4OWM1bg%3D%3D
Damayanti, A. A., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Diskon, Gratis Ongkos Kirim, Cash on Delivery dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee. Ournal of Trends Economics and Accounting Research, 4(3), 660–669.
Fitriani, A., & Rizal, A. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Diskon Flashsale dan Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6, 4239–4253.
Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2020). Manajemen Pemasaran. Bali: CV. Noah Aletheia.
Ginting, R. U. N., Harahap, D. A., & Rohandi, M. M. A. (2023). Pengaruh Product Quality, Online Customer Review, dan Price Discount terhadap Impulse Buying pada Marketplace Shopee. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2), 758–767.
Junata, R., Roswaty, & Muhammad Bahrul Ulum. (2024). Pengaruh Program Flash Sale dan Diskon Terhadap Perilaku Impulsive Buying Produk Pakaian Pria dan Wanita Pada PT. JM Group Lemabang Kota Palembang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(2), 1350–1359.
Kusumasari, I. R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Diskon, dan Subsidi Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Marketplace Shopee. Jurnal Bisnis Indonesia, Vol. 13(2), hlm. 16-28.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2015). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat.
Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Pakpahan, R., Febriyanti, S., Berliana, D., & Nur Esmeralda, R. (2024). Pengaruh Promo Event 6.6 Flash Sale Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 8(1), 89–98.
Perreault, & Charty, M. (n.d.). Pemasaran Dasar 2. Salemba Empat.
Rachmawati, A. (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Diskon Online Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Pajak Dan Informasi (JAKPI), 2(2), 142–159.
Rahmah, N., & Idris, M. (2018). Impulsive Buying Behaviour dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, 1(2), 88–98.
Richadinata, K. R. P., Aristayudha, A. A. N. B., Rettobjaan, V. F. C., Widnyani, N. M., & Astitiani, N. L. P. S. (2024). Manajemen Pemasaran: Konsep Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian. PT. Media Pustaka Indo.
Siwiyanti, L., Martoyo, A., Yati, Ramdan, A. M., Mulyanti, A. S., Rahmawati, E., Usadi, M. P. P., Pangestuti, D. D., Muangsal, & Satar, M. (2024). Pemasaran Internasional. CV. Tohar Media.
Sombe, R., Pongtuluran, A. K., & Pagiu, C. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Diskon Harga Terhadap Online Impulsive Buying Pengguna Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2022) Ria Sombe. Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 277–287.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto, & Dwiarta, I. M. B. (2024). Manajemen Ritel. Jawa Barat: CV. Mega Press Nusantara.
Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 20–37.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cut - Elfida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EKOBIS allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to EKOBIS the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work