Analisis Jumlah Nasabah, Pendapatan Sewa Modal dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Pembiayaan Rahn di PT Pegadaian (Persero) Indonesia Tahun 2003-2016

Sa'adatul Hijriah, Nilam Sari, Jalaluddin Jalaluddin

Abstract


Pegadaian syariah sebagai sebuah lembaga keuangan syariah non bank yang terus berupaya meningkatkan penyaluran pembiayaan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah nasabah, pendapatan sewa modal dan tingkat inflasi terhadap penyaluran pembiayaan rahn di PT Pegadaian (Persero) Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan pengujian asumsi klasik. Data yang digunakan adalah data time series yaitu periode 2003-2016. Berdasarkan hasil analisis secara parsial jumlah nasabah tidak berpengaruh terhadap pembiayaan rahn dengan probabilitas t-statistik sebesar 0,774. Pendapatan sewa modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan rahn dengan probabilitas t-statistik sebesar 0,000 dan tingkat inflasi tidak berpengaruh terhadap pembiayaan rahn  probabilitas t-statistik sebesar 0,829.  Secara simultan seluruh variabel bebas berpengaruh terhadap pembiayaan rahn PT Pegadaian (Persero) Indonesia dengan koefesien determinasi (adj R2) 99,8%. Sesuai dengan tag line pegadaian yaitu menyelesaikan masalah tanpa masalah maka pegadaian perlu menjaga kestabilan kinerja perusahaan untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan dalam mengembangkan perekonomian Indonesia.

Keywords


Affective Loyalty, Behavioral Loyalty, Customer Satisfaction, Perceived Value

Full Text:

PDF

References


Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Aziz, M. A. (2013). Analisis Pengaruh Tingkat Sewa Modal, Jumlah Nasabah, dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Gadai Golongan C (Studi pada PT. Pegadaian Cabang Probolinggo). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Febrian, D. (2015). Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Pendapatan Pegadaian dan Harga Emas terhadap Penyaluran Kredit Rahn pada PT. Pegadaian Syariah di Indonesia (Periode 2005-2013). Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Hasyim, A. I. (2016). Ekonomi Makro. Jakarta: Kencana.

https://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default.aspx. 2017. Data Inflasi Tahunan, diakses pada tanggal 3 November 2017. Jam 15.40 WIB.

https://www.pegadaian.co.id/laporan-kinerja/laporan-tahunan. 2017. Laporan Keuangan Tahunan, diakses pada tanggal 5 November 2017. Jam 09.45

Karim, A. A. (2017). Ekonomi Makro Islam. Jakarta: Grafindo Persada.

Muhammad (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta. Ekonisia.

N. Gregory Mankiw, E. Q. (2014). Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: Salemba Empat.

Pegadaian, P. (2016). Annual Report. Jakarta: PT Pegadaian.

Purnomo, A. (2009). Pengaruh Pendapatan Pegadaian, Jumlah Nasabah, dan Tingkat Inflasi terhadap Penyaluran Kredit pada Perum Pegadaian Syariah Cabang Dewi Sartika Periode 2004-2008. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Sinarti, d. (2013). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Nasabah, dan Tingkat Inflasi terhadap Penyaluran Kredit pada Perum Pegadaian Cabang Batam Periode 2008-2012. Jurnal Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam .

Sukirno, S. (2011). Makroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Swiknyo, D. (2009). Kamus Lengkap Ekonomi Islam. Yogyakarta: Total Media




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekobis.v1i1.9989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sa'adatul Hijriah, Nilam Sari, Jalaluddin Jalaluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View MyStat View MyStat

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .