Pemanfaatan Sistem Pengendali Water Level Control Untuk Budidaya Ikan Gurame Pada Kolam Terpal Menggunakan Logika Fuzzy Berbasis Mikrokontroler

Sriani Sriani

Abstract


Teknologi otomatisasi  sistem kendali dan mikrokontroler merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendeteksi kondisi air dan ketinggian air serta sistem untuk mengendalikan pompa air secara otomatis. Adapun proses otomatisasi dalam pengatur ketinggian air ini sangat penting agar dapat menghemat kebutuhan air pada kolam ikan. Dalam penelitian ini dibuatlah teknologi otomatisasi menggunakan logika fuzzy berbasis mikrokontroler, untuk sistem pendeteksi kondisi air dan ketinggian air serta sistem untuk mengendalikan pompa air, yang dapat diatur secara otomatis sesuai batas atas (maximal) dan batas bawah (minimal) serta dapat melakukan penggantian air kolam secara otomatis apabila air kolam sudah keruh.

Keywords


Air; logika fuzzy; Mikrokontroler

Full Text:

PDF

References


Andrianto, H. (2008). Pemrograman Mikrokontroler AVR ATMega 16. Bandung Informatika.

Bandong, S. Rancang Bangun Sistem Kontrol Suhu Dan Ketinggian Air Untuk Pemijahan Ikan Dengan Menggunakan Logika Fuzzy, Program Studi Fisika, FMIPA, UNSRAT Manado.

Dian Artanto. Merakit PLC dengan Mikrokontroller. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Goldsmid,J.H. (2009). Introduction to Thermoelectricity.

Nugoro, T. A. (2018). Kontrol Ketinggian Air pada Budidaya Ikan dan Tanaman Yumina Bumina Menggunakan Metode Fuzzy Takagi-Sugeno. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya. Vol. 2. No. 7 Juli 2018. 2730-2737.

Wijaya, Y. P. (2015). Simulasi Pengendalian Volume Tangki Menggunakan LabVIEW dan Arduino UNO. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 13, No.1, Desember 2015.79-82.

Zulkifli, A. ( Pendeteksi Ketinggian Air Bak Pembenihan Ikan Nila Berbasis Mikrokontroler dan Web Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Jurnal Perancangan Perangkat, Universitas Maritim Raja Ali Haji.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ekw.v5i1.3766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sriani Sriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN : 2460-8912
E-ISSN : 2460-8920

ELKAWNIE

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Elkawnie: Journal of Islamic Science and Technology in 2022. Published by Faculty of Science and Technology in cooperation with Center for Research and Community Service (LP2M), UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

View full page view stats report click here

Flag Counter