SPRITUAL PENDIDIK PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN AQIDAH, AKHLAK DAN IBADAH ANAK
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v2i2.1466Keywords:
Ruhiyah, pendidik, dan pendidikan keimanan, akhlak dan ibadah.Abstract
Perubahan kurikulum yang terus dilakukan, sampai dicetuskan kurikulum berkarakter pada tgl 15 Juli 2013, belum berpengaruh banyak untuk memperbaiki problem moral dan akhlak anak didik saat ini. Semua komponen yang mesti ada untuk suksesnya pendidikan sudah tersedia seperti pendidik yang kompeten, anak didik, kurikulum, metode, media, sarana prasarana, dan evaluasi. Namun realitas yang terlihat tidak berpengaruh banyak terhadap pemantapan aqidah, perbaikan akhlak, dan peninggkatan kwantitas, kwalitas ibadah anak didik.Ada hal lain harus dimiliki pendidik yaitu Energi yang berupa, semangat, spirit. Energi ini yang dapat mengerakkan anak didik mau mengerjakan apa yang disampaikan oleh pendidik dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk prilaku dan amal shaleh. Energi ini yang dimaksud dengan ruhiyah yaitu semangat, spirit dan energi rohani (spritual) yang berasal dari bisikan rabbani karena kedakatan pendidik dengan Allah SWT, yang diperoleh melalui ibadah wajib dan sunnah, melalui upaya menta’ati semua perintah Allah, dikesendirian maupun dikeramaian dan upaya meninggalkan semua laranganan-Nya, menjalankan semua aktifitas hidup dalam rangka beribadah kepada Allah SWT, dikesendirian maupun dikeramaian. Tulisan ini ingin mengetahui pengaruh ruhiyah pendidik terhadap pendidikan aqidah, akhlak dan ibadah pendidikDownloads
Published
2017-05-17
Issue
Section
Articles
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender Studies allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.