EVALUASI PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR DI KOTAMADYA BANDA ACEH DAN KABUPATEN PIDIE
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v3i2.3448Keywords:
Pendidikan Inklusif, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan sejauhmana efektivitas pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah dasar yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) di kota Banda Aceh dan Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik wawancara, obervasi dan analisis. Konten. Subjek penelitian berjumlah 20 orang yang terdiri dari 3 orang kepala sekolah, 12 orang guru dan 5 orang guru pendamping. Indeks inklusif dijadikan salah satu ukuran untuk melihat nilai-nilai inklusif yang terjadi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan secara umum terlihat adanya upaya menumbuhkan nilai-nila inklusif pada semua individu yang terlibat di sekolah. Namun Dalam prakteknya, terdapat banyak kendala yang dirasakan dalam menjalankan pendidikan inklusif. Diantaranya, sarana-prasarana yang belum memadai, pemahaman guru yang minim mengenai kurikulum terdeferensiasi bagi siswa ABK, dan pengetahuan guru yang minim tentang cara memberlakukan siswa ABK.References
Berry, R.A.W 2006. Inclusion, Power and Community : Teachers and Student Interpret The Language of Community in an Inclusion Classroom. American Educational Research Journal,489-529.
Hallahan, D. & Kauffman, J. 1978. Exceptional Children. Introduction Special Education. New Jersey: Prentice Hall. Inc.
Irenewaty, Terry. Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan nak berkebutuhan Khusus. Jilid 1. LPSP3UI : Jakarta.
Moleong, L.J. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake Sarasin.
Muhadjir, Noeng. 2005. Metodologi Penelitian Kebijaan dan Evaluation Research: Integrasi Penelitian, Kebijakan dan Perencanaan. Yogyakarta : Rake Sarasin.
Ni‟matuzahroh. 2015. Seminar Psikologi & Kemanusiaan. Psychology Forum UMM.
Ormrod, J. E, 2008. Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (edisi ke enam). Jakarta : Erlangga.
Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Sunanto, Juang. 2015. Profil Implementasi Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar di Kota Bandung.
Watterdal, T. 2002. Inclusive
Downloads
Published
Issue
Section
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender Studies allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.