STRATEGI PERLUASAN CAKUPAN AKTA KELAHIRAN SEBAGAI WUJUD PEMENUHAN HAK ANAK DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR

Muslim Zainuddin, Mansari Mansari

Abstract


Akta kelahiran anak memiliki peran penting bagi dirinya supaya terlindungi dari tindakan eksploitasi dan trafficking yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.Negara wajib menfasilitasinyasebagai wujud pemenuhan hak anak.Namun kepemilikan akta kelahiran belum merata dimiliki oleh anak di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi dalam pengurusan akta kelahiran dan strategi yang digunakan untuk memperluas cakupan akta kelahiran di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan lokasi penelitian di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.Data diperoleh melalu wawancara secara mendalam dengan responden dan observasi langsung.Responden dalam kajian ini terdiri dari Petugas Disdukcapil Banda Aceh dan Aceh Besar, Tokoh gampong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai faktor penyebab masyarakat yang tidak mengurusi akta kelahiran, yaitu : belum menganggap penting akta kelahiran, letak geografis yang terlalu jauh, sibuk dengan rutinitasnya, biaya transportasi. Strategi yang digunakan adalah membuat MoU, Pencatatan Kelahiran Online, Pencatatan Kelahiran Berbasis Gampong, Program Pelangi, Program Door to Door, belajar praktek baik ke Pasuruan Jawa Timur dan Sosialisasi secara intensif kepada masyarakat dan berpartisipasi pada moment-moment tertentu.

Keywords


Akta Kelahiran; & Perlindungan Anak;

Full Text:

PDF

References


Amin Suprihatini, Perlindungan terhadap Anak, cet. 1, Klaten: Cempaka Putih, 2008.

Maidin Gultom, Aspek Hukum Pencatatan Kelahiran dalam Usaha Perlindungan Anak pada Kantor Catatan Sipil Kotamadya, Tesis, Program Pascasarjana USU, Medan, 1997.

Makalah disampaikan oleh Suryani, Disdukcapil Banda Aceh, pada acara FGD Pengembangan Legal Draft Sebagai Basis Legal untuk Implementasi Pencatatan Kelahiran yang Efektif Berbasis Prosedur Gampong., 4 Oktober 2017.

Materi “Pentingnya Pencatatan Kelahiran dalam Pemenuhan Hak Anak”, disampaikan oleh Nurhafni pada kegiatan Workshop Petugas RegisterGampong yang diselenggarakan oleh PKPM, 17-18 Februari 2017.

Materi disampaikan pada kegiatan Membangun Mekanisme PencatatanKelahiran Anak Berbasis Gampong, 19 Januari 2017. Diselenggarakan oleh PKPM yang didukung oleh UNICEF

Materi disampaikan pada kegiatan FGD di PKPM, 15 Agustus 2017.

Materi disampaikan oleh Nurhafni pada kegiatan Workshop Petugas Register Gampong yang diselenggarakan oleh PKPM, 17-18 Februari 2017.

https://bandaacehkota.go.id/berita/2133/illiza-luncurkan-akta-kelahiran-online.html

http://disdukcapil.bandaacehkota.go.id/berita89-inovasi-%22pelangi%22-disdukcapil-banda-aceh-.html




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v4i1.4479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

INDEXED BY:

VISITORS:

Flag Counter

UNIQUE VISITS

View My Stats

Creative Commons License

Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.