Usaha Orang Tua dalam Peningkatan Pendidikan Anak di Pidie
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v4i2.4532Keywords:
Usaha Orang Tua & Peningkatan Pendidikan AnakAbstract
Peran serta orang tua dalam mendidik anak adalah kunci keberhasilan orang tua dalam membentuk kepribadian anak. Anak cenderung meniru setiap hal yang dilihat dari orang tuanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam mendidik anak di Pidie dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak di Gampong Rumia, Tamping Tunong, Pulo Baroh Kecamatan Indrajaya dan Kecamatan Delima Pidie . Metode penelitian ini adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua atau kepala keluarga (KK) yang ada di tiga Gampong, Rumia, Tamping Tunong, Pulo Baroh sebanyak 269 KK, sampel penelitian ini diambil sebanyak 15 KK dari keseluruhan KK yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua di Gampong Rumia, Tamping Tunong, Pulo Baroh, memberikan keteladanan yang baik kepada anak-anaknya, keteladanan yang diberikan meliputi pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan intelektual, pendidikan psikis dan juga pendidikan sosial. Orang tua juga berusaha sebagai pembimbing yang baik, yaitu melalui pengawasan terhadap anak baik tentang kegiatan sehari-hari maupun tentang tugas-tugas sekolah yang diberikan guru. Usaha orang tua selanjutnya sebagai motivator bagi anak-anaknya agar lebih giat dalam belajar dengan menasehati anak terhadap hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal yang buruk, selain itu dalam memotivasi anak orang tua di Gampong Rumia, Tamping Tunong, Pulo Baroh, meningkatkan kedisiplinan anak dalam belajar. Kendala yang dihadapi orang tua di Gampong Rumia, Tamping Tunong, Pulo Baroh dalam mendidik anaknya adalah kemajuan teknologi yang sulit dikontrol oleh orang tua, apalagi ketika anak-anaknya menggunakan Hp android yang dapat mengakses internet tanpa mampu dikontrol oleh orang tua. Selain itu, orang tua juga mengakui bahwa lingkungan pergaulan anak juga ikut menjadi kendala dalam mendidik anak-anak mereka.References
Syamsul Fuad, Peranan Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Anak
Usia Sekolah Dasar, Skripsi. (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2010).
Setya Ningsih, Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak di Sekolah, (Studi di SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sleman, Yogyakarta), Skripsi. (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013).
Muhammad Arifin, Teori-Teori Conseling Umum dan Agama, (Jakarta: Golden, 2003)
Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2006).
Ahmad Olgar dan Maulana Musa, Tips Mendidik Anak bagi Orag Tua Muslim, (Yogyakarta: Citra Islam, 2008)
W.J.S Poerwadarmanita, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1985).
Sarlito Wirawan Sarwono, Teori-Teori Psikologi Sosial, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000), Cet. V.
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1988), Cet. I.
Ahmad Warson Munawwir, Kamus Al- Munawwir Ara Indonesia Terlengkap, (Surabaya: Pustaka progressif, 1997), Cet. 14
Atabih Ali, Kamus Inggris Indonesia Arab, (Yogyakarta : Multi Karya Grafika, 2003), Cet. I
Muchlis M. Hanafi, Tafsir Al-Qur’an Tematik; Pembangunan Generasi Muda,(Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2011 ).
Wendi Zarman, Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah itu Mudah dan lebih Efektif, (Bandung: Ruang Kata, 2011), Cet. I.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006).
Hermawan Wasito, Pengantar Metodologi Penelitian: Buku Panduan Mahasiswa (Jakarta: Gramedia, 1992).
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Sugiyono, Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2011).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakek, Ed. Revisi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2012).
Koentjaraningrat, Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia, 2004).
Lexy J. Moeloeg, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).
Abdul Rachman Shaleh,Pedidikan Agama
Downloads
Published
Issue
Section
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender Studies allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.