PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DALAM PENGEMBANGAN KONSEP MODEL SEKOLAH RAMAH ANAK
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5585Keywords:
arsitektur perilaku, sekolah ramah anak, psikologi arsitekturAbstract
Salah satu komponen penting dalam rangka mewujudkan Kota Layak Anak adalah persentase jumlah Sekolah Ramah Anak. Beberapa indikator telah dikembangkan dalam mengembangkan Sekolah Ramah Anak. Sekurang-kurangnya terdapat dua faktor yang berpengaruh dalam mengindikasikan sebuah sekolah ramah anak. Yaitu faktor proses pembelajaran dan infrastruktur yang tersedia. Kajian ini mencoba menemukan sebuah konsep model Sekolah Ramah Anak melalui pendekatan arsitektur perilaku di dalam perancangan infrastrukturnya. Dengan menggunakan pendekatan arsitektur perilaku, maka sekolah ramah anak yang diharapkan pemerintah dapat terwjud sesuai dengan namanya yaitu ramah terhadap anak.References
Laurens, Joyce Marcella. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.
Groat, Linda dkk. (2001). Architectural Research Methods. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Suherman. (2000). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Halim, Deddy. (2005). Psikologi Arsitektur Pengantar Kajian Lintas Disiplin. Jakarta: Grasindo.
Gunarsa, Singgih D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia
Piaget, J. (1966). The origin of Intelligence in Children, J. Piaget. International Universities Press, Inc.
Erikson, E. (1963). Childhood and Society 2nd Edition. New York: W.W Norton
Agustina, Dina. (2014). Kajian Spasial Ruang Publik (Public Space) Untuk Aktivitas Bermain di Kawasan Kampung Ramah Anak Golo, Kota Yogyakarta. Skripsi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Prarayani, Aci. (2006). Ruang dan perilaku bermain anak di lingkungan permukiman kota : Studi kasus Kampung Tamansari Yogyakarta. Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Sarayati, S. Analisis Faktor Perilaku Seksual Pada Anak SD di SDN Dukuh Kupang II- 489 Kecamatan Dukuh Pakis Kelurahan Dukuh Kupang Surabaya, Skripsi Thesis, Universitas Airlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender StudiesĀ allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.