INTERAKSI EKSTRATEKSTUAL DALAM PROSES BERCERITA KEPADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v1i1.782Keywords:
interaksi ekstratektual, perkembangan bahasa, berceritaAbstract
ABSTRAK Artikel ini memuat pembahasan tentang interaksi ekstratektual yang terjalin dalam proses bercerita (narasi) atau membaca cerita kepada anak terutama anak usia dini. Kegiatan bercerita atau membaca cerita dengan memasukkan berbagai jenis interaksi ini bisa dilakukan oleh orang dewasa seperti orangtua, guru, atau siapapun yang bermaksud memberikan stimulasi atau perlakuan pendidikan (educational treatment) kepada anak. Oleh karena itu beberapa hal yang dianggap informasi mendasar dan penting menjadi sub topik yang dibahas secara detail dalam makalah ini. Pembahasan dimulai dengan menjelaskan pengertian bercerita, yaitu kegiatan menyampaikan cerita oleh narrator atau membaca cerita oleh reader kepada pendengar, dalam hal ini adalah anak. Selanjutnya dibahas tentang definisi interaksi ektratektual yang merupakan pemberian kegiatan tambahan dalam proses bercerita atau membaca cerita, yang sebenarnya bukan bagian dari sebuah cerita. Selanjutnya dipaparkan berbagai jenis interaksi ekstra tekstual dalam kegiatan bercerita atau membaca cerita dan bagaimana perkembangan bahasa anak bisa berkembang melalui pengunaan interaksi ini dalam proses bercerita.Downloads
Published
2015-03-01
Issue
Section
Articles
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender StudiesĀ allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.