KONSEP UMAR BIN ABDUL AZIS DALAM PENCAPAIAN TUJUAN MENDIDIK ANAK
DOI:
https://doi.org/10.22373/equality.v6i2.7914Keywords:
Konsep, Umar, Pencapaian, Pendidikan, Anak.Abstract
Fungsi pendidikan nasional membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa agar menjadi anak bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis, serta bertanggungjawab, namun untuk mencapai tujuan tersebut sangat sulit sebagian senang dengan tawuran, membolos sekolah, kebohongan serta budaya menyontek pada saat ujian sehingga perlu dianalisis tahapan pendidikan di sekolah-sekolah dan perpaduan pedidikan yang dilakukan oleh Umar bin Abdul Azis serta solusi pendidikan ideal untuk menjadi pertimbangan bagi orang tua, guru serta setiap pihak ataupun instansi yang berhubungan dengan pendidikan anak. Dalam altikel ini penulis gunakan teori interaksi edukasi dengan pendekatan tokoh. Fungsi pendidikan pada saat ini belum tercapai secara maksimal yaitu mengembangkan kemampuan manusia, sebaliknya menghasilkan manusia yang hanya menonjolkan pembentukan kecerdasan berpikir dan menepikan kecerdasan rasa, kecerdasan budi, bahkan kecerdasan batin, kurang kreatif,mandiri dan berakhlak mulia. Pendidikan yang diterapkan Umar bin Abdul Aziz ialah pendidikan di samping transformasi ilmu pengetahuan juga melibatkan hati dan perasaan, sehingga anak ataupun anak didik menemukan jadi diri mereka sebagai manusia paripurna dengan memberi teori dan praktek dimulai dari memilih pengajar yang menurutnya memiliki akhlakul Karimah, serta dipercaya dapat merawat, dan memberi pengajaran yang sesuai dengan syari’at Islam. Kemudian, menetapkan cara pendidikan, menetapkan waktu dan prioritas pendidikan, serta memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi pendidikan.References
Abd Syukur, 2012, Pendidik Berkarakter Qurani. cet I. Banda Aceh: Lembaga Kajian Agama dan Sosial
Abdul Mustaqim, 2011. Kisah al-Qur’an: Hakekat, Makna, dan Nilai-Nilai Pendidikan, Jurnal Studi Keislaman, Vol. XV. No. 2
Ainal Mardhiah AR, 2016, Spritual Pendidik Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Aqidah, Akhlak dan Ibadah Anak, Gender Eguality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol 2, No 2
Ali Muhammad ash-Shallabi, 2014, Umar bin Abdul Aziz Khalifah Pembaharu Bani Umayyah. terj. Shofau Qolbi cet. II. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Ary Ginanjar Agustian, 2016, Revolusi Mental. Jakarta: Arga Tilanta
Eko Jalu Santoso, 2004. The Art Life Revolution. Jakarta: Elex Media Komputindo
Hamka Abdul Aziz, 2012, Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati, cet. III (Jakarta: AMP Press
Hepi Andi Al-Azhary, 2008, Sejarah Para Khalifah. cet. I, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
http://digilib.uinsby.ac.id org/wiki/Umar_bin_Abdul-Aziz
https://www.kompasiana.com/junantoherdiawan
https://zakiamutmainnah
M. Quraish Shihab, 2002, Tafsir Al-Misbah, cet. I, Jilid. XII, Jakarta: Lentera Hati
Maya Mar’atus Shalihah, 2013, Ibunda Guru dan Sahabat Menuju Dewasa,. Bandung: Marja
Nowan Ardy Wiyani, 2014, Konsep Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di DS. cet. II. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Raihan Putry, 2018, Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas, Gender Eguality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol 4, No 1
Rawdhah Binti Yasa, Julianto Julianto, 2017, Evaluasi Penerapan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar di Kotamadya Banda Aceh dan Kabupaten Pidie, Gender Eguality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol 3, No 2
Salma Hayati, 2018, Pemahaman Konsep Perlindungan Anak di kalangan Dosen dan Karyawan Perguruan Tinggi di Aceh, Gender Eguality: Internasional Journal of Child and Gender Studies Vol 4. No. 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
GENDER EQUALITY: International Journal of Child and Gender Studies allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.