MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI MELALUI BUKU LIFT THE FLAP “AURATKU”

Dewi Fitriani, Heliati Fajriah, Arnis Wardani

Abstract


Pengenalan seks pada anak merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh para pendidik dan juga orang tua. Hal ini dianggap perlu dengan merebaknya kekerasan seksual yang dialami oleh anak-anak di Indonesia, khususnya Aceh. Terbatasnya media pembelajaran dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini merupakan salah satu bagian dari permasalahan yang harus ditangani, dan media tersebut perlu untuk diketahui kelayakannya dalam mengenalkan Pendidikan seks pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari media buku Lift The Flap sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R and D) dan melakukan 7 tahapan penelitian, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk awal. Dalam proses penelitian dan pengembangan ini, media dinilai dengan menggunakan dua (2) kategori yaitu materi dan media. Isi materi dilihat dari aspek kelayakan isi, bahasa dan performance; sedangkan isi media ditinjau dari aspek bahasa, performance, dessain grafis dan kemudahan pemakaian. Media juga melalui uji coba kepraktisan yang dilakukan terhadap anak usia dini. Hasil pengembangan memperlihatkan kelayakan materi berdasarkan aspek yang dinilai sebesar 95%, 91% dan 95%. Uji kelayakan media mendapatkan persentase sebesar 100%, 100%, 93% dan 100% berdasarkan empat aspek yang dinilai. Pada uji kepraktisan, media mendapatkan persentase sebesar 86 %.


Full Text:

PDF

References


Aini Nur, (2016). Kekerasan Seksual Dominasi Kasus Kejahatan Terhadap Anak, (Jakarta:http://m-republika-ac id.cdn.ampproject.org/v/s/m.republika.co.id/amp-kekerasan-seksual-dominasi-kasus-kejahatan-terhadap-anak

Amin Rifqi, (2015). Pengembangan Pendidikan Agam Islam (Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner). Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara.

Amirudin, (2017). Pendidikan Seksual Pada Anak Dalam Hukum Islam, (Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Ani Zulfah Machnunah, (2017). Pendidikan Seks Anak Dalam Islam. Jombang: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Anis Chaeruman Uwes, (2019). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Jakarta: State University.

Arikunto Suharsimi, (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

-------(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary Wahyudi Nyoman, (2020). Kekerasan Seksual Meningkat Saat PSBB, Kak Seto: Waspadai Predator Seksual, Jakarta.

Bahri Djamarah Syaiful & Zain Azwan, (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Barroh Habibatul. Pengembangan Buku Ajar Berjendela pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk SMP RSBI. Jurnal Pendidikan. Vol.1 / 2.

Camelia Lely & Nirmala Ine, (2017). Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

D. Gall Meredith ,(2003). Joyce P. Gall, Walter R. Borg, (Educational Research An Introduction. New York: Longman

Damayanti Myra, Catharina Tri Anni & Heru Mugiarso, (2018). Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Layanan Dasar Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siawa Kelas VI SDN Sadeng 1. Vol. 7, No. 1.

Darmawan Fery, Puji Nurhidayat & Lutfiyatul Husna Ramadhoni, (2017) “Ajarkan Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Melalui Moi-Meme”Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewantari, A. A. (2018). Sekilas Tentang Pop Up, Lift The Flap, dan Movable Book. (Online). Diakses Pada Tanggal 10 Agustus dari http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan movable-book.html.

Dewi Putri Kumala, Nia Budiana (2018), Media Pembelajaran bahasa (Aplikasi Teori Belajar dan strategi Pengoptimalan Pembelajaran), (Malang: UB Press)

Dyah Palupi Pradipta, (2017). Pengembangan Media Video Animasi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini Guna Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Di TK Tunas Rimba Purwokerto. Vol. VI, NO. 7.

Elizabeth Hurlock, (2003). Developmental Psycology (A Lift Span Approach) Boston: The McGrawHills.

El-Qudsy Hasan, (2012). Ketika Anak Bertanya Tentang Seks. Solo: Tinta Medina.

Endang Jatmikowati Tri, Ria Angin & Ernawati, (2015). Model dan Materi Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. Jember: Cakrawala Pendidikan.

Fadli Rizal,(2019). Usia Yang Tepat Untuk Mulai Pendidikan Seks Pada Anak, Jakarta: http://www.halodoc.com/artikel/usia-yang-tepat-untuk-mulai-pendidikan-seks-pada-anak

Firman, (2020). Kasus Prostitusi Melibatkan Anak di Bawah Umur di Pidie, Mucikari dan Dua Pria Hidung Belang Ditangkap, (Sigli: http://beritakini.co/news/kasus-prostitusi-melibatkan-anak-di-bawah-umur-di-pidie-mucikari-dan-dua-pria-hidung-belang-ditangkap/index.html

Haidir Salim, (2019). Penelitian Pendidikan (Metode, Pendekatan dan Jenis), Jakarta: Kencana.

Handayani, MP. Skripsi Pengembnagan Buku Lift The Flap Ensiklopedia Anak Tentang 16 Pakaian adat di Indonesia Bagian Tengah dan Timur. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Khodijah, (2017). Pengembangan Buku Cerita Lift The Flap Dilengkapi Grapuic Organier Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman Untuk Siswa SD Kelas III, Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Komar, Polresta Banda Aceh Catat 27 Kasus Pelecehan Seksual Anak Sepanjang 2020, (Banda Aceh, 2020). http://www.kba.one/news/polresta-banda-aceh-catat-27 kasus-pelecehan-seksual-anak-sepanjang-2020/index.html

Kustiawan Usep, (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera.

Listiyana Anik, (2019). Peranan Ibu Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini” EGALITA. Vol.5,No.2, dalam:http://ejournal.uinmalang.ac.id/indek.php/egalita/article/view,1998, di unduh pada tanggal 20 Agustus 2019

Madani Yusuf, (2003). Pendidikan Sek untuk Anak dalam Islam. Jakarta : Putaka Zahra, dalam Nhimas Ajeng Putri Aji, “Pelaksanaan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua dan Guru di TK Pamekar Budi Demak, Jawa Tengah : Universitas Kristen Setia Wacana.

-------(2003). Pendidikan Seks Untuk Anak Dalam Islam. Jakarta : Pkbi Pusat-Wpf Indonesia.

Mahrus, (2017). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Madura : Institut Agama Islam Negeri Madura.

Maulidya Ulfah Suyadi. (2017). Konsep Dasar Paud. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mukti Ali, (2016). Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Islam, Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Mulyasa, E. (2017). Manajemen PAUD”. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sayodih, Sukmadinata, (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya..

Nurbaya Esry, (2018). Pengembangan Media Lift The Flap Book Berbasis Grafis Pada Materi Metamorfosis Di kelas IV Sekolah Dasar. Jambi:Program S1 PGSD Universitas Jambi.

Nursyiah, Pemerhati Masalah Perempuan dan Anak, 2020, http://aceh.tribunnews.com/2020/10/16/menelisik-kasus-kekerasan-seksual-di-birem

Pinandhita Vidya, (2019). Kekerasan Terhadap Anak 2020 Kekerasan Pada Anak Tak Menurun. Solo : Http://amp-lokadata id.cdn.ampproject.org/v/s/amp.lokadata.id/amp/2020-kekerasan-pada-anak-tak-menurun

Purwono Joni, Sri Yutmini & Sri Anitah, (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Aalam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan”.Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2, No.2.

Puskurbuk Depdiknas Tahun 2017

Puslitjaknov Tim, (2008) . Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Rahmawati Citra & Asidigisianti Surya Patria, (2018). Perancangan Flap Book Sebagai Sarana Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia Untuk Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Seni Rupa, Volume 06 Nomor 01.

Rajafi Ahmad, (2012). Khazanah Islam (Perjumpaan kajian dengan ilmu sosial). Yogyakarta: Deepublish

Rasyid, Moh. (2007). Pendidikan Seks, Mengubah Seks Abnormal Menuju Seks yang Lebih Bermoral. Semarang, RaSAIL Media Group.

Rizky Djati Munggaran, (2002) Pemanfaatan Open Soure Software Pendidikan Oleh Mahasiswa Dalam Rangka Implementasi Undang-Undang No.19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta”. Bandung: Universitas Pendidikan Terbuka.

Roqib Moh, (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakart: PT Lkis Printing Cemerlang.

Rukajat Ajat, (2008). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.

Sarwono, S. W. (2005). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shiva, (2017) . Riview Buku Anak:Belajar dan Main ABC, http://www.shivadevy.com/2017/02/riview-buku-anak-belajar-dan-main-abc.html.

Silalahi Ulber, (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Silviana Dewi Dinda , Tips dan Cara Memberikan Pendidikan Seksual Kepada Anak, http://amp-tirto-id.cdn.ar.org/v/s/amp.tirto.id/tips-dan-cara-memberikan-pendidikan-seksual-kepada-anak

Solihin, (2015). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jakarta Pusat: Vol. 1, No. 2.

Standar Pendidikan Anak Usia Dini ( Permendiknas No.58 Tahun 2009)

Steve, Parker. (1997). Jendela Iptek Seri 9: Tubuh Manusia. (Terjemahan oleh: Pusat Penerjemahan PSUI). Jakarta: PT. Balai Pustaka (Persero).

Sudjana Nana, & Ahmad Rivai, (2010). Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyanto, (2015). Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Sientific Approach Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan.

Sugiyono, (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

-------(2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulwan Nasikh, (1996). Pendidikan Seks, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ulwan Abdullah Nashih, (2007), Tarbiyah al-Aulat fi al-Islam, diterjemahkan oleh Jamaluddin Miri, Pendidikan Anak Dalam Islam 2, Jakarta: Pustaka Amani.

Vera Risti P Avanti , Asnatasia M Ega , (2017). Buku Cerita Bergambar “Yuk ke Toilet Sendiri”, Pengembangan Media Pembelajran Buku Untuk Pendidikan Seks Pada Anak Usia 2-4 Tahun, UAD, Yogyakarta.

Wayan Ardhana, (2002) Konsep Penelitian dan Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan da Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

W. Ardhana, (2016). Pengembangan Media Grafis Berbentuk Lift The Flap Book Sebagai Media Pembelajaran dalam Mata Pelajaran IPS Materi Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia. Yogyakarta: UNY.

Wicaksono Adhi, (2020) Inses Kasus Kekerasan Seksual Terbanyak Pada Anak Perempuan. Jakarta: Http://m.cnnindonesia.com/nasional/20200224173721-12-477607/inses-kasus-kekerasan-seksual-terbanyak-pada-anak-perempuan

Wiliyanto Oey Fanny. (2013) Perancangan Buku Interaktif Pengenalan dan Pelestarian Sugar Glider di Indonesia Bagi Anak 7-12 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual, hlm.1-11.

Wisnoe Moerti Wisnoe, (2019) Data KPAI, Selama 2019 Ada 123 Anak Korban Kekerasan Seksual di Institusi Pendidikan. Jakarta: Http://m.merdeka.com/peristiwa/data-kpai-selama-2019-ada-123-anak-korban-kekerasan-seksual-di-institusi-pendidikan.html

Wulandari Yosi dan E Purwanto Wachid,(2017) Kelayakan Aspek Materi dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama, Yogyakarta: Jurnal Gramatika.

Zulmiyetri dkk, (2019), Penulisan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewi Fitriani, Heliati Fajriah, Arnis Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

VISITORS:

Flag Counter

UNIQUE VISITS

View My Stats

Creative Commons License

Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.