PENGEMBANGAN MEDIA MAZE HIJAIYYAH UNTUK MENSTIMULASI MINAT MEMBACA IQRA’ PADA ANAK USIA DINI

Jamaliah Hasballah, Dewi Fitriani, Rita Sariani

Abstract


Terbatasnya media pembelajaran inovatif untuk menarik minat membaca iqra’ pada anak usia 4-5 tahun merupakan salah satu penyebab rendahnya minat anak usia   dini   untuk   belajar   mengenal   huruf   hijaiyyah   dengan   metode   iqra’. Kebanyakan anak-anak juga belum mampu untuk membedakan huruf-huruf hijaiyyah yang hampir sama pengucapan ataupun tempat keluar huruf (makhrijul huruf). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan sebuah media pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah melalui media maze. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan dengan metode reseach and development (R&D) model borg and gall melalui  7 tahapan, diantaranya: 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk awal. Uji coba dilakukan pada   anak di daerah lamgugob berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media maze hijaiyyah ini, diperoleh hasil kelayakan validasi ahli materi sebesar 85,7% dengan kriteria “ Sangat layak” digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan hasil yakni 95% dengan kriteria “sangat layak“ untuk digunakan, berdasarkan hasil penelitian pertama maka memperoleh hasil presentase dengan nilai 85% “ Sangat layak” digunakan, penelitian yang hari kedua memperoleh hasil presentase nilai 86% yakni berada pada kategori “sangat layak”


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22374/es.v1i1.12748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.