ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA PPL PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENERAPKAN KOMPETENSI PEDADOGIK PADA MASA COVID-19

Agustiana Saif, Misbahul Jannah, Rahmati Rahmati

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketidakmampuan mahasiswa Pendidikan fisika yang melaksanakan PPL pada masa covid-19 dalam mengembangkan seluruh pengetahuan tentang kependidikan yang dimiliknya secara langsung kelingkungan sekolah. Ketidakmampuan tersebut yaitu dalam menerapkan kompetensi pedadogik yang merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan mahasiswa PPL Pendidikan Fisika dalam menerapkan kompetensi pedadogik pada masa covid-19 tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang melaksanakan PPL pada masa covid-19 tahun ajaran 2019/2020 di SMA yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen angket yang terdiri dari 33 butir pernyataan. Data yang diperoleh dari angket dilakukan analisis data berupa persentase jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa PPL dalam menerapkan kompetensi pedadogik pada masa covid-19 rata-rata termasuk dalam kriteria menguasai (78,92%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa pendidikan Fisika dalam melaksanakan PPL pada masa covid-19 di SMA tahun ajaran 2019/2020 sudah baik dalam menguasai kompetensi pedadogik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22374/es.v1i1.13964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.