KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 2 SIMEULUE TENGAH

Basidin Mizal, Yuli Triwia Hidayani

Abstract


Kepemimpinan merupakan faktor kunci dalam usaha peningkatan profesional Guru dalam berbagai hal, profesional perlu di tingkatkan karna melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, untuk menjawab tantangan pengetahuan dan tehnologi guru perlu ditingkatkan profesionalnya agar mampu melaksanakan tugas dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memberikan kontribusi kepada kepala sekolah dalam peningkatan profesional guru, namun permasalahan yang di hadapi oleh kepemimpinan kepala sekolah yaitu masih lemahnya tingkat kesadaran guru dalam peningkatan profesionalnya sehingga secara manajemen perlu ada perbaikan-perbaikan baik program kegiatan pembelajaran, media pembelajaran, dan lingkungan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini kepala sekolah, wakil kurikulum, dan guru.  Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesional guru yaitu dengan menerapkan peraturan yang menyangkut kedisiplinan serta dengan memberikan peluang kepada guru-guru untuk mengikuti diklat dan platihan-platihan yang menyangkut dengan pembelajaran dan juga memberikan arahan atau solusi-solusi terhadap keefektifan dalam proses belajar mengajar baik secara personal maupun kelompok sehingga di harapkan dapat meningkatkan profesional guru.

Keywords


KEPEMIMPINAN, PENINGKATKAN dan PROFESIONAL GURU

Full Text:

PDF

References


Muliasa,Manajemen Kepemimpinan Kepalah Sekolah(Jakarta: Bumi Aksara,2012).

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2014).

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepalah Sekolah(Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2013).

Hidayat,Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan (Banten: Yayasan Pendidikan Dan Sosial Pendidikan Maju, 2019).

Djafry Nofianti, Manajemen Kepmimpinan Kepala Sekolah (Yokyakarta: Budi Utama, 2017).

Qs. Surah Al-Baqara Ayat 30.

Jelantik Ketut, Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional (Yokyakarta: Budi Utama, 2015).

Saifuddin,Pengelolaan Pembelajaran Teoritis Dan Praktis(Yokyakarta: Budi Utama, 2014).

Kompri, Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah (Jakarta : Kencana, 2017).

Darmadi, Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan”Melejitkan Produktivitas Kepala Sekolah Dan Faktot-Faktor Yang Mempengaruhi”(Yokyakarta: Budi Utama, 2018).

Hanifa Nurdina, Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Sumedang Jawa Barat: Sumedang Press, 2014 ).

Djafri Novianty, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah(Pengetahuan Manajemen, Efektifitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing Dan Kecerdasan Emosi) (Yokyakarta: Budi Utama, 2017).

Mataputun Yulius, Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah, (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018).

Anwar Muhammad,Menjadi Guru Profesional (Jakarta: Pernada Media Group, 2018).

Suwanto, Budaya Kerja Guru (Jogjakarta: Gre Publishing, 2019).

Sahlan Kadir Abdul, Mendidik Persepektif Psikologi (Tokyakarta: Budi Utama, 2018).

Suharto Toto Suharto, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Relasi Negara & Masyarakat Dalam Pendidikan (Yokyakarta: Budi Utama, 2012).

Susanto Ahmad, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Konsep, Strategi Dan Implementasinya (Jakarta: Budi Utama, 2016).

Barnawi & Arifin Muhammad, Etika & Profesi Kependidika (Jokjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).

Suprihatiningrum Jamil, Guru Profesional Pedoman Kinerja Kualifikasi & Kopetensi Guru (Jokjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).

Suparman, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru (Sebuah Pengantar Teoritik), (Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (Kdt), Uais Inspirasi Indonesia 2019).

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.