PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DIRECT LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII A SMP SWASTA DARUL ABRAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/ji.v10i01.10663Keywords:
Direct Learning, PAI, ThaharahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Thaharah Siswa Kelas VII A SMP Swasta Darul Abrar. penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Swasta Darul Abrar yang berjumlah 24 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan diskusi. Setelah melalui proses belajar, hasil dari akhir ini penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan baik aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Pada kegiatan prasiklus, siswa yang aktif hanya sekitar 20%. Kemudian di Siklus 1 jumlah siswa aktif meningkat menjadi 50% dan pada Siklus 2 meningkat menjadi 85%. Dalam perolehan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari increase Precycle to Cycle 2 yaitu pada Precycle 50% siswa mendapat nilai diatas KKM, pada Siklus 1 meningkat menjadi 70%, kemudian pada Siklus 2 meningkat lagi menjadi 85%. Oleh karena itu, pembelajaran model Derect Learning memiliki dampak positif bagi proses peningkatan hasil belajar siswa pada materi thaharah di kelas VII A SMP Swasta Darul Abrar.References
Abdul Ghofir, Zuhairini. 2006. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. Malang: UM Pres
Arifin, Zainal. 1998. Evaluasi Instruksional Prinsip dan Prosedur. Bandung :CV Karya
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bruce Joyce, Marsha Weil and Emily Calhoun. 1996. Model of Teaching (PHI Learning, tt)
Budikase, E, dkk, 2014. PAI Untuk SMA . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Idris, S., & Tabrani ZA. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1420
Kardi, Soeparman dan Muhammad Nur, 2004. Pengajaran Langsung. Surabaya: PSMS Unesa
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Purwanto, Ngalim 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman, A.M.2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Surya, Muhammad. 2014, 2012. Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surya, Muhammad. 2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Susilo. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta Pustaka: Book Publisher
Tabrani ZA. (2013). Modernisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Telaah Epistemologi Pendidikan). Serambi Tarbawi, 1(1), 65-84. Tabrani ZA. (2014). Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan Islam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 250–270. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.75
Wilis, Ratna. 2014. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga