PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK MAHASISWA DI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN DAN KERJASAMA UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Lailatussaadah Lailatussaadah, Sri Mutia, Muzdalifah Muzdalifah, Rafa Assyahida

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelayanan administrasi akademik mahasiswa di biro akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sumber data adalah Kepala AAKK, kepala SUB Bagian Administrasi Akademik, 3 staff administrasi dengan metode wawancara mendalam dan observasi, teknik analisis data menggunakan analisis empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa staff pelayanan administrasi yang ada di biro akademik AAKK telah memberikan pelayanan yang bagus, professional, cepat tanggap, dan memberikan informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Para staff pelayanan administrasi biro akademik AAKK sangatlah berkompeten dalam melayani pelanggan mahasiswa yang ingin mendapatkan informasi mengenai perkuliahan, tidak hanya para staff saja, pimpinan pun ikut serta dalam melayani dan menyampaikan informasi. Penelitian ini belum membahas mengenai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik mahasiswa secara hybrid di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Keywords


Pelayanan, Administrasi, dan Akademik

Full Text:

PDF

References


Ali, Faried. Teori Dan Konsep Administrasi: Dari Pemikiran Paradigmatik Menuju Redefinisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Amalia, Viki. “Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Public Trust Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Di Universitas Nurul Jadid , Paiton , Probolinggo ).” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 04, no. 01 (2020): 13–23.

Bakti, Hari, and Muhammad Badrus. “Model Layanan Akademik Dan Administrasi Dalam Peningkatan Kompetensi Dan Akselerasi Studi Mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa ( S3 ) Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.” In Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2019.

Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Dharma, A. “Gaya Kepemimpinan Yang Efektif.” Dinamis-Journal of Islamic Management and Bussines 2, no. 1 (2019): 1–8. http://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=gaya+kepemimpinan&btnG=#3.

Fahmi, Abdur Rozzaq, and Ernani Hadiyati. “Pengaruh Knowledge Dan Skill Terhadap Kinerja Melalui Unggulan Kota Malang” 10 (2020): 1–10.

Hasnih., Gunawan., Hasmin. “Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan PublikTerhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.” Jurnal Mirai Management 1, no. 2 (2016): 426–45.

Husaini Usman. Manajemen: Teori, Praktek, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Lailatussaadah. “Kemampuan Karyawan Dalam Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada SMKN 2 Banda Aceh.” DIDAKTIKA VOL. XIV N (2013): 159–75.

Lailatussaadah, Lailatussaadah. “Standard Pelayanan Publik Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.” Jurnal Aktual Pendidikan 2, no. 2 (2016).

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah. Tanggerang: Lentera Hati, 2007.

Sondakh, Billy Rolly, Johnny R. E. Tampi, and Tinneke M. Tumbel. “Pengaruh Bukti Langsung, Kehandalan, Jaminan, Daya Tanggap Dan Empati, Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas.” Jurnal Administrasi Bisnis 9, no. 3 (2019): 101. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25520.101-111.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan RD. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suharsimi Arikunto. Organisasi Dan Administrasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Jakarta: Rajawali pers, 1990.

Wahyuni, Nurul Yuli. “Pencitraan: Upaya Membangun Public Opinion Bagi Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018): 64–79. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.249.

Widanarko, Sulistyoweni. Pedoman Mutu Akademik Universitas: Kurikulum Dan Mahasiswa. Jakarta: Badan Penjaminan Mutu Akademik UI, 2007.

Yayat, Rukayat. “Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) XI, no. 2 (2017): 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf.

Zulaini, Liza, Muhammad Faisal, and Lailatussaadah. “Pengelolaan Tenaga Kependidikan Dalam Pembagian Job Description Di Pesantren Darul Ihsan Siem Aceh Besar.” Intelektualita 6, no. 2 (2018): 18–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.