MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DAYAH

Abdul Samad Usman, Abdul Hadi

Abstract


Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada manajemen kelembagaannya, dalam istilah lain manajemen lembaga pendidikan mutlak diperlukan, adapun ruang lingkup manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Tahap pertama adalah perencanaan yang meliputi perencanaan tenaga kependidikan, tenaga pendidikan, peserta didik, kurikulum dan sarana prasarana. Tahap kedua adalah pengorganisasian semua elemen lembaga serta pembagian tugasnya masing-masing. Tahap ketiga adalah tahap pengarahan semua elemen untuk melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing-masing. Tahap keempat setelah pengarahan adalah pengawasan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan semua perencanaan terlaksana dengan baik. Melihat pentingnya manajemen dalam sebuah lembaga, maka institusi pendidikan khususnya pendidikan dayah telah melakukan berbagai usaha manajerial kelembagaan. Setelah MoU Helsinky tahun 2005 kedudukan lembaga pendidikan dayah hampir sama dengan lembaga pendidikan resmi lainnya di Aceh. Dengan meningkatnya status dan kedudukan dayah, maka lembaga pendidikan dayah pun telah berupaya melakukan manajemen ke arah yang lebih baik sebagaimana halnya lembaga pendidikan resmi lainnya dan sekarang lembaga pendidikan dayah telah berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan sekarang pengelolaan dayah di Aceh menjadi tanggung jawab Pemerintah Aceh.

Keywords


Manajemen, Lembaga, Pendidikan Dayah

Full Text:

PDF

References


Haspy, Tgk. Mohd Basyah. 1987. Apresiasi terhadap Tradisi Dayah: Suatu Tinjauan Terhadap Tata Krama dan Kehidupan Dayah. Banda Aceh: Panitia Seminar Appresiasi Pesantren di Aceh, Persatuan Dayah Inshafuddin.

Ismail, Badruzzaman dkk (ed), 2002. Perkembangan Pendiidkan diNanggroe Aceh Darussalami. Banda aceh:Majlis Pendidikan Daerah Aceh.

Qomar, Mujamil. 2006. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Sufi, Rusdi dan Agus Budi Wibowo, 2009. Pendidikan di Aceh dari Masa ke Masa. Banda Aceh: Badan Arsip dan Perpustakaan NAD.

Sulaiman, M. Isa. 1997. Sejarah Aceh. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.