PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 55 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 55 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman observasi aktivitas guru dan siswa, lembar pedoman wawancara, dan tes. Hasilnya penelitian meliputi: penggunaan langkah-langkah metode SAS dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 55 Banda Aceh. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setelah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70 dengan jumlah siswa 15 yang tidak mencapai KKM 10 siswa (66%) dan yang tuntas 5 siswa ( 33%). Hasil penelitian diketahui: (1) penerapan metode SAS pada penelitian ini berhasil dilaksanakan dan dapat meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang semakin aktif dan meningkatnya kemampuan membaca siswa. Siklus I, sepuluh siswa sudah mulai menunjukkan rasa percaya dirinya dengan nilai rata-rata 67,2 serta persentase ketuntasan 40%. Pada siklus ke II siswa sudah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 79,06 % dan persentase ketuntasan sebanyak 87%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arika, Y. (2021). 100 Juta Anak Gagal Menguasai Keterampilan Dasar Membaca. Kompas.Id.
Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.
Hutapea, E. (2019). 3 Hal Jadi Penyebab Rendahnya Minat Baca Anak Indonesia. Kompas .Com.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705
Lailatussaadah, Fitriyawany, Erfiati, & Mutia, S. (2020). Faktor-faktor Penunjang dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Online) PPG dalam Jabatan (Daljab) Pada Guru Perempuan di Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), 41–50.
Rahmadayani, I., Lailatussaadah, L., & Dhin, C. N. (2021). Kreatifitas Guru Bersertifikasi Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidayiah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh (The Creativity of Certified Teacher in Utilizing Learning Media in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Banda Aceh) Ita. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 21(2), 151–161.
Rasyo. (2021). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di SDN 4 Pamulihan Subang. Jurnal Educatio, 7(4), 1965–1970. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1741
Setyowaty, S. (2019). Analisis Rendahnya Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Serang 2. UIN SMH Banten.
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.
Wahyuni, S. (2010). Cepat Bisa Membaca. Gramedia.
Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107. https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Sasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7837
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v10i02.12634
Refbacks
- There are currently no refbacks.