Metode Pembelajaran Maharah Qiro’ah Pada Mahasiswa
Abstract
Metode adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan
agar tercapai sesuatu yang dikehendaki. Dalam proses pembelajaran metode
bertujuan untuk menyajikan bahan pelajaran agar dapat mencapai tujuan
pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode apa saja yang
cocok digunakan pada pembelajaran maharah Qiro’ah dan Mengidentifikasi apakah
metode tersebut sudah sesuai atau belum dengan daya tangkap mahasiswa/i yang
sudah mencapai fase dewasa pertengahan. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah analisis deskriptif kuantitatif data yang dikumpulkan berupa observasi
lapangan,wawancara , dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
pembelajaran resitasi yang sesuai digunakan pada pembelajaran maharah qiro’ah,
karena dalam metode resitasi mahasiswa/i dituntut untuk membuat resume materi
yang dipelajari sehingga ia harus membaca dan memahami apa isi yang terkandung
dalam bacaan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisatul, U., Lailatussaadah, & Raziah. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Melalui Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 55 Banda Aceh. Jurnal Intelektualita, 10(1), 105–118.
Malayu S.P. Hasibuan. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Marzuki, M., & Bayer, M. (2023). Penerapan Metode Resitasi Pada Materi Sistem Pernapasan Dalam Kondisi Covid 19 Di Kelas Viii Smp Negeri 6 Belitang Hulu. Edumedia : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–24. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i1.752
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Paramitha, I., Misdalina, & Andinasari. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Jurnal Edumath, 5(1), 9–19.
Rafiqa. (2020). Metode Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 3(3), 2366–2372. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. deepublish.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategis dan Implementasi dalam KTSP. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.14177
Refbacks
- There are currently no refbacks.