EKSISTENSI MINAT BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR ILMU PENDIDIKAN

Ramli Abdullah

Abstract


Bahwa belajar  merupakan  proses seseorang dalam memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap sehingga   belajar itu tidak datang begitu saja, tetapi harus dilaksanakan dengan sengaja dalam waktu yang tertentu pula. Sedangkan  hasil belajar sebagai keseluruhan  kecakapan dan hasilnya yang diraih melalui proses pembelajaran di Lembaga Pendidikan   Tinggi dan juga ditetapkan dengan angka-angka yang diukur berdasarkan test hasil belajar. Dalam hubungannya    dengan minat seseorang terhadap suatu objek akan terlihat  dari perilakunya.  Dalam hakikatnya bahwa     minat  dilatarbelakangi oleh  perhatian seseorang terhadap  objek minat, seperti perhatian, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kebutuhan akan menentukan dalam menyeleksi terhadap sesuatu objek yang disenanginya. Minat yang  merupakan elemen dalam meraih keberhasilan   seseorang. Jika bagi  seseorang berminat terhadap    mata kuliah Ilmu Pendidikan,    maka seluruh perhatian, rasa ingin tahu, dan kebutuhannya  terhadap mata kuliah Ilmu Pendidikan   akan semakin tinggi, sehingga akan semakin tinggi pula  hasil belajar yang diraihnya dari   mata kuliah Ilmu Pendidikan yang diikutinya. dalam kenyataannya bahwa minat  mahasiswa  berdampak  dalam belajar  dan memiliki pengaruh   positif terhadap  pencapaian hasil mata kuliah Ilmu Pendidikan. Semakin tinggi minat mahasiswa dalam belajar   mata kuliah Ilmu Pendidikan, maka semakin tinggi pula hasil belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan   diraihnya. Sebaliknya semakin rendah minat mahasiswa dalam belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan, maka semakin rendah pula hasil belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan yang dicapainya.

Keywords


Minat Belajar, Hasil Belajar dan Ilmu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Brigg, Lislie J., Instructional Design and Applications. Englewood, NJ: Educational Technology Publication, Inc, 1979.

Crowl, Thomas K., Educational Psychology Window in Teaching. New York: Brown and Benchmark, 1996.

Fajar, Ernie, Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Gagne, Robert M. dan Merey Perkins Driscoll, Essential of Leaning for Instruction. Englewood Cliff. N.J: Prentice Hall, 1988.

Gredler, Margareth E. Mell, Leaning and Instruction: Theory Into Practice. New York : Maemillan, 1986.

Hasaini dan Nur, Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1986.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Rooijakkers, Ad., Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia, 1990.

Gagne, Robert M., Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran. Alih Bahasa Abdullah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional, 1988.

Rowinszowski, Designing Intructional System Decision Making in Course Planning. New York, Nicholas Publishing, 1981.

Skinner, Charles E., Educational Psychology. Toronto : Prentice Hal, 1976.

Sujana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1988.

Sukardi, E. dan W. F. Maramis, Penilaian Keberhasilan Belajar. Surabaya: Airlangga University Press, 1996.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.

Syamsuddin, Abin, Pedoman Studi Psikologi Kepribadian. Bandung: IKIP Bandung, 1990




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v11i01.14759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.