EKSISTENSI MINAT BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR ILMU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/ji.v11i01.14759Keywords:
Minat Belajar, Hasil Belajar dan Ilmu PendidikanAbstract
Bahwa belajar merupakan proses seseorang dalam memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap sehingga belajar itu tidak datang begitu saja, tetapi harus dilaksanakan dengan sengaja dalam waktu yang tertentu pula. Sedangkan hasil belajar sebagai keseluruhan kecakapan dan hasilnya yang diraih melalui proses pembelajaran di Lembaga Pendidikan Tinggi dan juga ditetapkan dengan angka-angka yang diukur berdasarkan test hasil belajar. Dalam hubungannya dengan minat seseorang terhadap suatu objek akan terlihat dari perilakunya. Dalam hakikatnya bahwa minat dilatarbelakangi oleh perhatian seseorang terhadap objek minat, seperti perhatian, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kebutuhan akan menentukan dalam menyeleksi terhadap sesuatu objek yang disenanginya. Minat yang merupakan elemen dalam meraih keberhasilan seseorang. Jika bagi seseorang berminat terhadap mata kuliah Ilmu Pendidikan, maka seluruh perhatian, rasa ingin tahu, dan kebutuhannya terhadap mata kuliah Ilmu Pendidikan akan semakin tinggi, sehingga akan semakin tinggi pula hasil belajar yang diraihnya dari mata kuliah Ilmu Pendidikan yang diikutinya. dalam kenyataannya bahwa minat mahasiswa berdampak dalam belajar dan memiliki pengaruh positif terhadap pencapaian hasil mata kuliah Ilmu Pendidikan. Semakin tinggi minat mahasiswa dalam belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan, maka semakin tinggi pula hasil belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan diraihnya. Sebaliknya semakin rendah minat mahasiswa dalam belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan, maka semakin rendah pula hasil belajar mata kuliah Ilmu Pendidikan yang dicapainya.References
Ahmadi, Abu, Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Brigg, Lislie J., Instructional Design and Applications. Englewood, NJ: Educational Technology Publication, Inc, 1979.
Crowl, Thomas K., Educational Psychology Window in Teaching. New York: Brown and Benchmark, 1996.
Fajar, Ernie, Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Gagne, Robert M. dan Merey Perkins Driscoll, Essential of Leaning for Instruction. Englewood Cliff. N.J: Prentice Hall, 1988.
Gredler, Margareth E. Mell, Leaning and Instruction: Theory Into Practice. New York : Maemillan, 1986.
Hasaini dan Nur, Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1986.
Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Rooijakkers, Ad., Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia, 1990.
Gagne, Robert M., Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran. Alih Bahasa Abdullah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional, 1988.
Rowinszowski, Designing Intructional System Decision Making in Course Planning. New York, Nicholas Publishing, 1981.
Skinner, Charles E., Educational Psychology. Toronto : Prentice Hal, 1976.
Sujana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1988.
Sukardi, E. dan W. F. Maramis, Penilaian Keberhasilan Belajar. Surabaya: Airlangga University Press, 1996.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.
Syamsuddin, Abin, Pedoman Studi Psikologi Kepribadian. Bandung: IKIP Bandung, 1990