Analisis SWOT Formulasi Strategi Pengembangan Dosen di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Safriadi Safriadi

Abstract


Analisis SWOT strategis pengembangan dosen disusun berdasarkan analisis internal dan eksternal. Analisis internal dan eksternal berdasarkan data yang valid akan menghasilkan rekomendasi yang tepat terhadap formulasi strategi pengembangan dosen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal sebagai landasan dalam menyusun formulasi strategi pengembangan dosen di UIN Ar-Raniry banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data yang diperlukan terkumpul, peneliti melakukan cross side analysis dengan membandingkan dan menganalisis data yang satu dengan yang lain secara mendalam dan menarik kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. Berdasarkan hasil penelitian secara kuantitas jumlah dosen terus meningkat setiap tahun dan sebagian merupakan lulusan luar negeri. Sedangkan kelemahannya masih banyak dosen yang belum memiliki kualifikasi doktor serta jumlah guru besar juga masih sedikit. Dalam aspek pembelajaran belum terwujudnya pembelajaran berbasis integrasi. Produktivitas penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat juga masih rendah. Secara eksternal kebijakan pemerintah transformasi IAIN ke UIN menjadi peluang dalam menerapkan pembelajaran berbasis integrasi serta meningkatkan produktifitas penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan tantangan yang dihadapi saat ini adalah tuntutan ketersedian dosen yang profesional dan berkualitas.


Keywords


Analisis SWOT; Formulasi Strategi Pengembangan Dosen

Full Text:

PDF

References


Agama, Litapdimas Kementerian. “Nomine Penerima Bantuan Penelitian Tahun 2020”. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2020.

Akdon. Management for Educatioal Management. Bandung: Alfabeta, 2011.

Devid, Fred R. Strategic Management; Concepts & Case. United Kingdom: Pearson Education Limited, 2011.

Hermana, Alex Winarno Deni. “Commitment, Work Engagement, And Research Performance Of Lecturers, In Indonesia Private Universities”. Malaysian Online Journal Of Educational Management (MOJEM),. Vol. 7 No. 4 (2020). https://doi.org/https://mojem.um.edu.my/article/view/20073/10475.

Higher, Education Times. “World University Rankings Versi Times Higher Education 2019”. https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2019 2019. tersedia pada https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2019 (2019).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

“Rencana Strategi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Tahun Ajaran 2020-2024”. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2020.

Safriadi. “Identifying Strategic Issues for Lecturer Development at Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia”. IIUM Journal of Education Studies. Vol. 8 No. 1 (2020), h. 73–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31436/ijes.v8i1.

Sedarmayanti. Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta, 2018.

“Undang-Undang RI. Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi”. Bandung: Citra Umbara, 2012.

Webometrics. “Ranking Perguruan Tinggi di Indonesia”. http://www.webometrocs.info/en/Asia/Indonesia 2019. tersedia pada http://www.webometrocs.info/en/Asia/Indonesia (2019).

Widyanto, Anton. Revitalisasi Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.