MATERI PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Aspek Ketrampilan dan Nilai)

Kudri Kudri

Abstract


Tujuan pendidikan tidak akan tercapai seperti yang diharapkan tanpa membekali siswa dengan materi pendidikan. Ketika rumusan tujuan pendidikan berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya, tentunya bahan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut juga berbeda. Materi pendidikan terdiri dari tiga unsur yaitu pengetahuan, keterampilan, dan nilai. Demikian referensi dalam pembahasan berikut. Berpindah dari pendapat tersebut, pada pembahasan berikut akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan dan nilai sebagai materi pendidikan.Dengan menggunakan studi pustaka dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, keterampilan teknis yaitu kemampuan melakukan suatu tindakan. Urgensi mengarah pada efektifitas dan efisiensi pekerjaan. Kedua, keterampilan dalam memandang Islam yaitu kebutuhan dalam materi pendidikan. Ketiga, yaitu kualitas atau nialisesuatu,setiap benda atau peristiwa dialam semesta memiliki kualitas tertentu. Sedangakn barang terdiri dari nilai instrik dan nilai instrumental. Keempat, nilai-nilai yang harus menjadi materi pendidikan dalam pandangan Islam adalah nilai-nilai yang bersumber dan berlandaskan al-quran dan al-sunnah al-nabawiyyah. Tolak ukur utama dalam menetapkan nilai sesuatu merupakan sumber kedua ajaran Islam. Nilai budaya dapat diterima selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.


Keywords


Kemampuan, nilai dan materi pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S.M. al-Naquib. 1987. Konsep Pendidikan Dalam Islam,Terj.Haidar Bagir. Bandung: Mizan.

Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy. 1979. Falsafah PendidikanIslam, Terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.

Atmadi, A. dan Y. Setianingsih (ed.). 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Millenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.

Brubacher, John S. 1978. Modern Philosophies of Educatio.,New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar BahasaIndonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kaswardi, EM. K. (ed.). 1993. Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: PT. Grasindo.

Langgulung, Hasan. 1986. Menimbang Konsep al-Ghazali: SebuahPengantar dalam Fathiyah Hasan Sulaiman, Konsep Pendidikan al-Ghazali, Terj. Ahmad Hakim dan M.Imam Aziz. Jakarta:Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat P3M.

Syam, Mohammad Noor. 1986. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.