IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Zulkarnaini Zulkarnaini

Abstract


Penerapan model pembelajaran menjadi salah satu faktor utama dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan ketika menerapkan model pembelajaran yang sesuai maka proses pembelajaran dan hasil belajarnya pun akan sesuai dengan yang diharapkan.Pembelajaran daring adalah metode belajar berbasis teknologi dengan tetap melakukan tatap muka secara virtual dengan bantuan platform atau media tertentu. Pembelajaran daring memerlukan proses adaptasi yangcukup panjang, sebab adanya pergantian dari metode belajar tatap muka ke pembelajaran jarak jauh di tengah krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk itu, demi tercapainya efektivitas dalam pembelajaran daring, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah sarana teknologi dan sumber daya yang dapat digunakan secara nyaman. Di samping juga kemudahan akses lebih banyak terhadap teknologi yang dibutuhkan. Tujuan Pembelajaran daring di antaranya: (a) memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan, (b) memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19, memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antar siswa, sesuai minat dan kondisi siswa, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah, dan (d) memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.


Keywords


Implementasi, Model Pembelajaran, dan Daring.

Full Text:

PDF

References


Asnawir dan Basyiruddin Usman, Model Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Chandrawati, Sri Rahayu, Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran, Jurnal Cakrawala Kependidikan, Volume 8, Nomor 2, 2010.

Darmawan, D., Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Daryanto dan Raharjo Muljo, Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Gava Media, 2012.

Effendi, Empy dan Hartono Zhuang, E-Learning Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi, 2005.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik,Yogyakarta: Teras, 2012.

Haerul, HaedarAkib dan Hamdan, Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (MTR) di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Volume 6, Nomor 2, 2016.

Hamdani, Acep Roni dan AsepPriatna, Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di masa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Volume 6, Nomor 1, 2020.

Harsono, Implementasi Kebijakan dan Politik, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Ibrahim, M, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: University Pers, 2000.

Isjoni, Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Inovatif, Bandung: Alfabeta, 2013.

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi, Bandung: RefikaAdiatama, 2010.

Mulyadi, Deddy, Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Bandung: Alfabeta, 2015.

Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2009.

Naditya, Rochyani, Agus Suryono, dan MochamadRozikin, Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah (Suatu Studi di Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Dalam Pelaksanaan Program Bank Sampah Malang (BSM) di Kelurahan Sukun Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Volume 1, Nomor 6, 2013.

Oemar Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Rachmawatil, Tutik, dkk, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, Yogyakarta: Gava Media, 2015.

Rusman, Kurniawan D, dan Riyana C. Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2012.

Rusman, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Santoso, Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Pustaka Agung Harapan, 2009.

Sukardi, Ismail, Model-Model Pembelajaran Moderen, Palembang: Tunas Gemilang Pers, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasinya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Syafrudin Nurdin dan Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Syafuddin, Design Pembelajaran dan Implementasinya, Ciputat: Quantum Teaching, 2006.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wahyudi, Din, Manajemen Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.