PENGELOLAAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 SIMPANG TIGA ACEH BESAR

Ti Halimah, Eka Juminar

Abstract


Pengelolaan Prasarana sangat penting untuk kebutuhan lembaga pendidikan di sekolah dengan adanya prasarana yang lengkap dapat menunjang keberhasilan pembelajaran peserta didik. Prasarana mempunyai peran sangat penting dalam suatu organisasi, institusi ataupun lembaga pendidikan tanpa adanya prasarana yang mendukung maka proses pendidikan tidak akan berjalan sebagaimana semestinya. Melalui penelitian ini dapat memberikan kontsribusi kepada sekolah dalam mengelola prasarana dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan prasarana dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan, untuk mengetahui teknik pengadaan prasarana dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan, untuk mengetahui hambatan dalam meningkatkan mutu  lembaga pendidikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala Sekolah, guru, waka sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pasarana di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar dilakukan dengan cara telebih dahulu menganalisis semua kebutuhan prasarana sekolah dan kemudian merangkup dalam rapor mutu sekolah. Teknik pengadaan prasarana yang kepala sekolah terapkan yaitu dengan cara menyusun proposal pengadaan kemudian diajukan ke Dinas pendidikan. Hambatan dalam perencanaan prasarana adalah kurangnya anggaran sekolah, dan minimnya sarana dan prasarana sekolah. Harapanya lebih di perhatikan lagi kebutuhan prasarana sekolah.

Keywords


Pengelolaan Prasarana, Mutu Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amin Widjaja Tunggal. (1993), Manajemen Mutu Terpadu suatu pengatar. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi dan M.Arifin. (2012), Manajemen sarana dan prasarana sekolah, jogjakarta:Ruzz Media.

Nur Zazin. (2017), Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori & Aplikasi, (Jogjakarta: AR:Ruzz media.

Peraturan pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan (SNP), ( Jakarta: Penerbit Cemarlang.

Radiyan Yogatama.( 2016) manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta.

Rika Megasari. (2014), Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran., Jurnal Adminitrasi pendidikan, Vol. 2, No 1, Juni

Rika Megasari , Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana... ,

Sugiyono, Metode penelitian... ,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.