URGENSI MINAT BELAJAR DALAM UPAYA PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN

Ramli Abdullah

Abstract


Bahwa belajar  sebagai proses seseorang dalam memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap, sehingga belajar itu tidak datang begitu saja, tetapi harus dilaksanakan dengan sengaja dalam waktu yang telah ditetapkan.   Sedangkan  berkenaan dengan hasil belajar yang merupakan   keseluruhan  kemampuan dan kecakapan dan hasilnya yang diraih melalui kegiatan  pembelajaran di Lembaga Pendidikan   Tinggi dan juga  ditetapkan dengan angka-angka yang diukur melalui test hasil belajar. Dalam kaitannya dengan minat seseorang terhadap suatu objek, maka  akan terlihat  dari perilakunya.  Pada   dasarnya     minat  itu yang dilatarbelakangi     perhatian seseorang terhadap  objek minat, yang antara lain perhatian, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kebutuhan akan menentukan dalam menyeleksi kepada  sesuatu objek yang disenanginya. Minat sebagai  elemen dalam meraih keberhasilan   bagi seseorang. Maka dengan demikian, seseorang berminat terhadap    mata kuliah manajemen Pendidikan dan kemudian  seluruh perhatian, rasa ingin tahu, dan kebutuhannya   terhadap mata kuliah manajemen  Pendidikan   menjadi semakin tinggi, sehingga akan semakin tinggi pula  hasil belajar yang dicapainya dari mata kuliah manajemen  Pendidikan. Dalam kenyataannya, bahwa  minat  mahasiswa  berdampak  dalam belajar  dan memiliki pengaruh   positif terhadap  pencapaian hasil mata kuliah manajemen   Pendidikan. Maka dengan demikian, bahwa semakin  tinggi penumbuhan minat mahasiswa dalam belajar   mata kuliah manajemen Pendidikan, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai dalam mata kuliah manajemen Pendidikan, dan untuk    sebaliknya semakin rendah minat mahasiswa dalam belajar mata kuliah manajemen  Pendidikan, maka semakin rendah pula hasil belajar yang dicapainya dalam  mata kuliah  Manajemen Pendidikan.

Keywords


Minat Belajar, Hasil Belajar dan Manajemen Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Brigg, Lislie J., Instructional Design and Applications. Englewood, NJ: Educational Technology Publication, Inc, 1979.

Crowl, Thomas K., Educational Psychology Window in Teaching. New York: Brown and Benchmark,1996.

Fajar, Ernie, Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Gagne, Robert M. dan Merey Perkins Driscoll, Essential of Leaning for Instruction. Englewood Cliff. N.J: Prentice Hall, 1988.

Gredler, Margareth E. Mell, Leaning and Instruction: Theory Into Practice. New York : Maemillan, 1986.

Hasaini dan Nur, Himpunan Istilah Psikologi. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1986.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

,Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Rooijakkers, Ad., Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Gramedia, 1990.

Gagne, Robert M., Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran. Alih Bahasa Abdullah Hanafi. Surabaya: Usaha Nasional, 1988.

Rowinszowski, Designing Intructional System Decision Making in Course Planning. New York, Nicholas Publishing, 1981.

Skinner, Charles E., Educational Psychology. Toronto : Prentice Hal, 1976.

Sujana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru, 1988. Sukardi, E. dan W. F. Maramis, Penilaian Keberhasilan Belajar. Surabaya: Airlangga University Press, 1996.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1990.

Syamsuddin, Abin, Pedoman Studi Psikologi Kepribadian. Bandung: IKIP Bandung, 1990.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.