KURIKULUM DAN SISTEM BELAJAR DI PONDOK PESANTREN
Abstract
Salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia adalah pesantren, di Aceh istilah pesantren dikenal dengan Dayah dan di Sumatera Barat diistilahkan dengan Surau. walaupun beda istilah pada intinya sistem pendidikan lembaga tersebut adalah sama dan tujuannya adalah untuk mencetak santri yang memiliki pengetahuan yang komprehensif dalam ilmu agama (tafaqquh fi al din), baik dalam bidang fiqh, ushul fiqh, bahasa, tauhid, akhlak, tarikh (sejarah), dalam keilmuan islam lainnya. Pesantren adalah lembaga pendidikan terua di Indonesia, berdiri pesantren bersamaan dengan berkembangnya Islam di Nusantara. pesantren adalah salah satu sarana islamisasi di nusantara, artinya dipesantrenlah tempat mendidik masyarakat tentang ajaran Islam dan setelah mereka menguasai ajaran Islam mereka dijadikan sebagai dai untuk menyebarkan Islam ke masyarakat. sebagaimana lembaga pendidikan lainnya. sistem pembelajaran dipesantren memiliki kurikulum tersendiri, yang terdiri dari pendidik, peserta didik, metode, materi, media dan evaluasi. dalam pembahasan ini akan dibahas secara rinci mengenai sistem pendidikan pondok pesantren yang meliputi kurikulum, materi, dan metode pendidikan di pondok pesantren.
Keywords
kurikulum, pendidikan, pesantren
Full Text:
PDFReferences
Mohammad Hasan, Manajemen pondo pesantren . Jakarta:bumi aksara, 2005
Edy Mahsudin, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Jakarta:Kencana, 2010
Moh. Saleh, Pengembangan Kurikulum Pesantren Di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Widiatmoko Adi Putranto, Pengelolaan Pondok Pesatren Era Digital: Mempertimbangkan kembali sudut pandang pengguna. Jurnal Pendidikan,Vol.1 No 1. Tahun 2017.
http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/04/metode-pembelajaran-di-pesantren.html
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v9i01.17858
Refbacks
- There are currently no refbacks.