CO-TEACHING: PENERAPAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI KELAS

Fithriyah Fithriyah

Abstract


Pendekatan pembelajaran kolaborasi sudah sering diimplementasikan di dalam kelas oleh para pendidik. Model pendekatan ini muncul sebagai salah satu upaya mengatasi  permasalahan yang kompleks yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru tidak hanya dihadapkan dengan persiapan pembelajaran, melakukan pengajaran, dan evaluasi, tetapi harus juga menguasai manajemen kelas dalam menangani beragam karakteristik siswa dan tingkat pemahaman yang berbeda. Semua hal ini harus ditangani sendiri oleh guru. Co-teaching yang merupakan pendekatan model kolaborasi hadir sebagai salah satu alternatif kurangnya guru di mana rasio guru dan siswa sangatlah timpang. Co-teaching membantu guru dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kerjasama dua orang guru atau lebih dengan latar belakang pendidikan yang berbeda dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran yang sudah diterapkan tentunya akan membuat pembelajaran lebih efektif. Artikel ini juga akan membahas tentang perubahan apa saja yang terjadi dengan penerapan model co-teaching ini berdasarkan dari penelitian-penelitian terdahulu.    

Keywords


Co-teaching, penerapan model

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Faridah. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol. 4, No. 1

Bacharach, Nancy L, dkk. (2010). Changing the Face of Student Teaching Through Co-Teaching, Action in Teacher Education, Vol. 32, No.1

Brendle, Joanna, dkk. (2017). A Study of Co-Teaching Identifying Effective Strategies, International Journal of Special Education, Vol. 32, No. 3.

Cook, Lynne dan Marilyn Friend. (1995). Co-Teaching: Guidelines for Creating Effective Practices. Focus on Exceptional Children, Vol. 28, No. 3

Keeley, Randa G, dkk. (2017). Evaluation of the Student Experience in the Co-Taught Classroom. International Journal of Special Education, Vol. 32, No. 3

Larry K. Shumway, dkk. (2011). Co-Teaching Handbook. Utah State Office of Education

Lisa Ann Dieker & Wendy W. Murawski, (2003). Co-Teaching at the Secondary Level: Unique Issues, Current Trends, and Suggestions for Success, The High School Journal, Vol. 86, No. 4,

Marilyn Friend, dkk. (2010). Co-Teaching: An Illustration of the Complexity of Collaboration in Special Education, Journal of Educational and Psychological Consultation, Vol. 20.

Miller, Delmas F. & J. Lloyd Trump. (1973). Secondary School Curriculum Improvement: Challenges, Humanism, Accountability. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Murawski , Wendy W. dan Wendy Lochner. (2010). Observing Co-Teaching: What to Ask For, Look For, and Listen For, Intervention in School and Clinic, Vol. 20, No. 10

Paradilla, Dilla (2022). Analyzing The Roles of Co-Teachers In English Teaching-Learning Activity in Junior High School”, Skripsi, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry

Parker, Ashley. (2017). The Impact of Co-Teaching on Students Achievement and Behavior at a Title I Middle School. Thesis. California, USA: California State University San Marcos

Rizki, Dian Amelia (2015). Efektivitas Peran Guru Pendamping dalam Membantu Proses Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak di Kota Semarang. Skripsi, Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan

Scruggs, Thomas E. & Margo A. Mastropieri. (2017). Making Inclusion Work with Co-Teaching, Teaching Exceptional Children, Vol. 49, No.4

Villa, Richard A, dkk. (2004) A Guide to Co-Teaching: Practical Tips for Facilitating Student Learning, Cet. II, California: Corwin Press

Wati, Hilma. (2019). Peran Guru Pendamping dalam Membantu Proses Pembelajaran pada Anak Usia Dini di TK Alif Ba Lampaseh Banda Aceh, Skripsi, Banda Aceh: UIN Ar-Raniry,




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i1.19262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.