PENDEKATAN HUMORIS KEPALA SEKOLAH DALAM PENIGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI BLANGPEGAYON GAYO LUES

Ainul Mardhiah, Darmi Darmi

Abstract


Pendekatan humoris kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Blangpegayon Gayo Lues. Selain itu, kepala sekolah dalam pengembangan media pembelajaran di SMA Negeri 1 Blangpegayon Gayo Lues. belum maksimal dilaksanakan, sehingga berpengaruh  kepada penigkatan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui bagaimana manajemen kepala sekolah dalam menigkatkan aktivitas intraksi pendidik dan peserta didik, iklim pembelajaran, pengembangan media pembelajaran dalam penigkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Blangpegayon Gayo Lues. Penelitian ini mengunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan tiga orang pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pendekatan humoris kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen untuk menigkatkan aktivitas intraksi pendidik dan peserta didik telah berjalan dengan baik dimana kepala sekolah memiliki pendekatan tersendiri  dalam menigkatkan intraksi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemudian manajemen kepala sekolah dalam penigkatan iklim pembelajaran di SMA Negeri 1 Blangpegayon Gayo Lues. dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, aman dan nyaman telah berjalan dengan baik. Sedangkan pengembangan media pembelajaran dalam menigkatkan kualitas pembelajaran belum maksimal dilaksanakan hal ini dikarena kurangnya sarana dan prasarana yang memadai di SMA Negeri 1 Blangpegayon Gayo Lues.

Keywords


Manajemen; Kepala Sekolah; Peningkatan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Firdaus, Muhammad Hasan, and Hidayah Baisa. “Implementasi Humor Dalam Pembelajaran Di STKP Agama Hindu AMLAPURA.” Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) 3, no. 1 (2019): 65–80.

Ginanjar, M. Hidayat, Rahman, and Muhammad Jundullah. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di SMA Al-MINHAJ Bogor.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 5 (2023): 103–18. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693.

Husman, Husaini. Manajenen: Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Khotimah, Anisah Husnul, and Yayat Sudaryat. “Analisis Wacana Humoris Dalam Manggle Rubrik’’ BRAKATAK" (Kajian Prakmatik).” In Riksa Bahasa, XVI:48–58, 2022.

Lailatussaadah, Lailatussaadah, Salma Hayati, Ainul Mardhiah, and Munawar Munawar. “Pengembangan Langkah Langkah Pengelolaan Kelas Secara Daring Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid 19.” Educational Leadership 2, no. 2 (2023): 165–78. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/3693/1478.

Pahlevi, M. Nur, Sheila Hariry, Wahyu Nurrohman, Madah Rahmatan, and Muhammad Amrullah Aufa. “Urgency and Implementation of Humor in Learning.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022): 3560–67. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2670.

Siahaan, Amiruddin, Rizki Akmalia, Arimbi Syahkila, Mela Safitri, Situmorang, NurDahyanti, Rti Suci Apriani Harahap, and Syahpan Ramadhan. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Al-Jihad Medan.” Jurnal Dirosah Islamiyah 5, no. 3 (2023): 714–21. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4085.

Sidabutar, Tiarma, Amini, Tumpak Banurea, Afriani Nasurion, and Ali Sadikin. “Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia Dalam Organisa Pendidikan.” Pendidikan Dan Konseling 5, no. 1885–1890 (2023): 1349–58.

Suban, Alwan, and Ilham. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan.” Idaarah:Jurnal Manajemen Pendidikan VII, no. 1 (2023): 123–33. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123.

Wibowo, Adi, and Ahmad Zawawi Subhan. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 3, no. 2 (2020): 108–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.