Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung

Rusnawati Rusnawati

Abstract


Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Memotivasi minat belajar siswa berarti mendorong keinginan siswa untuk belajar sehingga mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam (1) mengembangkan kurikulum, (2) melaksanakan kegiatan pembelajaran, (3) mengevaluasi hasil proses pembelajaran untuk memotivasi minat belajar siswa pada SMA Negeri I Leupung. Subjek penelitian ini adalah guru-guru, wakil dan kepala sekolah. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru-guru mampu mengembangkan kurikulum dengan kriteria baik.Hal itu terlihat dari RPP yang telah dirumuskan dalam bentuk dokumen, (2) Dalam melaksanaan proses belajar mengajar sebagian guru masih menunjukkan kelemahan dalam penguasaan metode, model dan pemanfaatan TIK untuk media pembelajaran dan (3) Kegiatan evaluasi hasil proses pembelajaran telah dilaksanakan guru-guru untuk memperoleh nilai, namun belum ditindaklanjuti untuk memperbaiki proses belajar mengajar baik materi ajar, metode, model dan media pembelajaran.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta ; Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Makmur.(2011).Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter disekolah.Jogjakarta. DIVA Pres IKAPI.

Depdiknas, (2003) Undang-Undang No.20 tentangPendidikanNasional, Jakarta : Depdiknas Depdiknas.(2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Guru.Jakarta :Depdiknas Indonesia

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendiknas (2007).Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun2007. Depdiknas Indonesia.

Rimang, Siti Suwadah. (2011). Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna Bandung: CV Alfabeta

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Pers.

Sadulloh, Uyoh (2011). Pedagogik(IlmuMendidik).Bandung :Alfabet. Rosda Karya. Sudjana, Nana. (2009). Kompetensi Pengawas Sekolah. Jakarta : LPP Binamitra. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV. Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2011). CooperativeLearning :Teori dan AplikasiPaikem. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Uno, Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan : Problem, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

UU (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005tentang Guru danDosen. Surabaya :KesindoUtama.

Zuchdi, Darmiati. 2010). Humanisasi Pendidikan : Pendidikan yang Manusiawi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v3i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.