PENGEMBANGAN VISI KEPEMIMPINAN MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.22373/ji.v2i1.24995Keywords:
Pengembangan, Visi Kepemimpinan MadrasahAbstract
Dalam tulisan ini penulis mencoba mengupas tentang tanggungjawab seorang pemimpin di Madrasah dalam melakukan pengembangan visi. Visi kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan madrasah, karena di dalam proses manajemen kepemimpinan memegang posisi yang sangat penting sebagai kemampuan untuk mengarahkan dan meyakinkan bawahan atau Staff agar secara sukarela melakukan aktivitas kerjasama mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan menempati posisi strategis sebagai inti dari manajemen karena menjadi motor penggerak bagi berbagai sumber daya (manusia dan lainnya) yang tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, secara operasional kepala madrasah merupakan orang yang paling bertanggungjawab dan faktor pendorong untuk mewujudkan visi, misi,tujuan dan sasaran madrasah yang dipimpinnya menuju madrasah yang bermutu. Oleh sebab itu, maka pengembangan visi kepemimpinan mejadi mutlak dilakukan untuk mewujudkan semua harapan tersebut.References
Aan Komariah dan Cepi Triatna, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif,
Jakarta: Bumi Aksara.
Al Buraey, Muhammad Abdullah, 1986, Islam Landasan Alternatif Administrasi
Pembangunan, Jakarta: CV. Rajawali.
Aly, Hery Noer. 1999, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Arifin, Imron, 1998, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah
dan Sekolah Dasar Berprestasi, Disertasi Doktor, Tidak dipublikasikan., Malang: IKIP
Malang.
Dep. Agama RJ. 1989, AI-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara
Penterjemah/Tafsir al-Quran.
Effendy, Ek., Mochtar, 1986, Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam,
Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Furchan, Arief., MA., Ph. D., 2004., Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia Anatomi
Keberadaan Madrasah dan PTAI, Yogyakarta: Gamamedia.
Mahmud Yunus, tt. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang
Moedjiarto, Prof. Dr., Ir., M.Sc., 2002, Sekolah Unggul Metodologi Untuk Meningkatkan Mutu
Pendidikan, tanpa kota: Duta Graha Pustaka.
Muhaimin, Dr., MA., 2003., Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Pemberdayaan,
Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung:
Nuansa.
Mulyasa, E., Dr., M.Pd., 2002, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi,
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munawwir, Ek., Imam., tt., Asas-asas Kepemimpinan Dalam Islam, Surabaya: Usaha Nasional.
Nawawi, H. Hadari. 1985, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga
Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Gunung Agung.
Rahman, Afzalur, 1991, Nabi Muhammad Sebagai Seorang Pemimpin Militer, Jakarta: Bumi
Aksara.
Sallis, Edward, 2006, Total Quality Management in Education; Manajemen Mutu Pendidikan
(alih bahasa: Dr. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, M.Ag.), Jogjakarta: IRCiSoD.
Siagian, Sondang, P., Prof., Dr., M.PA., 2003, Filsafat Administrasi Edisi Revisi, Jakarta: Bumi
Aksara.
Terry, George, R., 2003, Prinsip-Prinsip Manajemen (alih bahasa J. Smith D. F.M.), Jakarta:
Bumi Aksara.