PENGEMBANGAN VISI KEPEMIMPINAN MADRASAH

Sri Rahmi

Abstract


Dalam tulisan ini penulis mencoba mengupas tentang tanggungjawab seorang pemimpin di Madrasah dalam melakukan pengembangan visi. Visi kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan madrasah, karena di dalam proses manajemen kepemimpinan memegang posisi yang sangat penting sebagai kemampuan untuk mengarahkan dan meyakinkan bawahan atau Staff agar secara sukarela melakukan aktivitas kerjasama mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan menempati posisi strategis sebagai inti dari manajemen karena menjadi motor penggerak bagi berbagai sumber daya (manusia dan lainnya) yang tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, secara operasional kepala madrasah merupakan orang yang paling bertanggungjawab dan faktor pendorong untuk mewujudkan visi, misi,tujuan dan sasaran madrasah yang dipimpinnya menuju madrasah yang bermutu. Oleh sebab itu, maka pengembangan visi kepemimpinan mejadi mutlak dilakukan untuk mewujudkan semua harapan tersebut.

Keywords


Pengembangan, Visi Kepemimpinan Madrasah

Full Text:

PDF PDF

References


Aan Komariah dan Cepi Triatna, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif,

Jakarta: Bumi Aksara.

Al Buraey, Muhammad Abdullah, 1986, Islam Landasan Alternatif Administrasi

Pembangunan, Jakarta: CV. Rajawali.

Aly, Hery Noer. 1999, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Arifin, Imron, 1998, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyah

dan Sekolah Dasar Berprestasi, Disertasi Doktor, Tidak dipublikasikan., Malang: IKIP

Malang.

Dep. Agama RJ. 1989, AI-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara

Penterjemah/Tafsir al-Quran.

Effendy, Ek., Mochtar, 1986, Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam,

Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Furchan, Arief., MA., Ph. D., 2004., Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia Anatomi

Keberadaan Madrasah dan PTAI, Yogyakarta: Gamamedia.

Mahmud Yunus, tt. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang

Moedjiarto, Prof. Dr., Ir., M.Sc., 2002, Sekolah Unggul Metodologi Untuk Meningkatkan Mutu

Pendidikan, tanpa kota: Duta Graha Pustaka.

Muhaimin, Dr., MA., 2003., Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Pemberdayaan,

Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung:

Nuansa.

Mulyasa, E., Dr., M.Pd., 2002, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi,

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munawwir, Ek., Imam., tt., Asas-asas Kepemimpinan Dalam Islam, Surabaya: Usaha Nasional.

Nawawi, H. Hadari. 1985, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga

Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Gunung Agung.

Rahman, Afzalur, 1991, Nabi Muhammad Sebagai Seorang Pemimpin Militer, Jakarta: Bumi

Aksara.

Sallis, Edward, 2006, Total Quality Management in Education; Manajemen Mutu Pendidikan

(alih bahasa: Dr. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, M.Ag.), Jogjakarta: IRCiSoD.

Siagian, Sondang, P., Prof., Dr., M.PA., 2003, Filsafat Administrasi Edisi Revisi, Jakarta: Bumi

Aksara.

Terry, George, R., 2003, Prinsip-Prinsip Manajemen (alih bahasa J. Smith D. F.M.), Jakarta:

Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v2i1.24995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.