Pengaruh Model Numbered Head Together Berbantukan PPT Interaktif terhadap Kemampuan Siswa dalam Maharah Kitabah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Number Head Together dengan bantuan PPT Interaktif terhadap kemampuan siswa dalam maharah kitabah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Subjuct penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas control sebanyak 14 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan postest. Teknik analisis data menggunakan uji t-test (Independent Sample Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Number Head Together (NHT) dengan bantuan PPT Interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam maharah kitabah, khususnya dalam menyusun kalimat menjadi paragraf sempurna. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji T-test system yang dihitung dari tingkat signifikansi (sig) (0,02<0,05). Dengan demikian, implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model NHT dengan bantuan PPT Interaktif cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa arab, khususnya dalam keterampilan menulis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Gontor, U. D., Yasin, A., & Gontor, U. D. (2024). 51 Tanfīż Istirātījiyyah Numbered Heads Together (NHT) li Tarqiyah Nata’ij at- Ta’līm. 10(1), 51–60. https://doi.org/10.14421/almahara.
Ahmad Rathomi. (2020). Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. TARBIYA ISLAMICA Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1, 3.
Ahmad Syagif HM dan Anwar Sadat, M, P. . (2018). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Pembelajaran Maharah. 2(2), 28–45.
Alifia Selviana Agnie Putri, & Taufik, T. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Melalui Strategi Pembelajaran Imla’. Mahira, 4(1), 35–50. https://doi.org/10.55380/mahira.v4i1.554
Amira Juvi, A., Qusaiyen, Q., & Hayati, S. (2020). Macromedia Flash 8 تخطيط الوسائط المتعددة التفاعلية في تعليم الاستماع باستخدام برنامج. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 132. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7811
Antika, S. R. (2024). Ta ` lim Al-Lughah Al-Arabiyah : Increased Mastery Of Arabic Vocabulary Through The Use Of The Heads Together Learning Model. 1(1), 131–150.
Baidlowi, A., Rusman, M., & Mulyawan, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Pembelajaran Nahwu Kelas VIII di MTs Darul Hikam Cirebon. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(1), 38. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v12i1.13300
Fajriah. (2017). Strategi Pembelajaran Maharah Kitabah pada Tingkat Ibtidaiyah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(2), 36.
Hasibuan, R. A., & Yunaldi. (2022). The Effect of Cooperative Teaching with the Type of Numbered Headers on the Results of Teaching Arabic Writing. Indonesian Journal of Arabic Studies, 4(2), 211–227. https://doi.org/10.24235/ijas.v4i2.10840
Hayatika, T. (2024). Pembelajaran Kemahiran Menulis Bahasa Arab Aplikatif. 18–43.
Ifa Radhifa Nur. (2023). Learning Model in Nahwu Learning Outcomes.
Khambali. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Membaca. Jurnal Studi Islam & Peradaban, 13(01), 1–12.
Kustina, R., & Marhamah. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen Berdasarkan Struktur Teks Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, Vol. III(No. 2), 64–74.
Lailatussaadah, L., Hayati, S., Jamil, A. I. Bin, & Abdul Kadir, F. A. Bin. (2023). Mapping TPACK Components in Implementing Edupreneur-Profiled Curriculum at Teacher Training and Education Institutions in Aceh. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 8(2), 373–387. https://doi.org/10.24042/tadris.v8i2.16755
Mifta Zakaria. (2024). Implementasi Pembelajaran Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas 4 Di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) ADZKIA 4 (Issue 7200042).
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Nurmayuli, Muchfazillah, N., Hayati, M. A., & Nurmalima. (2014). Isu Sosial dan Etika Dalam Sistem Informasi Manajemen. Desultanah-Journal Education and Social Science, 02(02), 15–30.
Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Pertiwi, H., Gustina, H., & Priyanti, N. (2022). Mengenal Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.89
Rahaju Nurtjahjanti, R. T. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Berbentuk Prosedur Melalui Penggunaan Powerpoint Interaktif. Jurnal Teknodik, 17, 084–091. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.580
Saefullah, Risnawati, E., & Hasan. (2019). Pengaruh Metode Active Learning Strategi Number Head terhadap pembelajaran kitab nahwu wadhih dalam penguasaan materi nahwu. El-Ibtikar, 8(2), 1–21.
Sari, M. V., Afrida, J., & Alaidin, S. F. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Fisika pada Konsep Medan Magnet Menggunakan Metode Krulik-Rudnick : Studi Empiris di SMAN 1 Seunagan. Desultanah-Journal Education and Social Science, 02(02), 1–14.
Shofiya, A., Qorin, A., Golimah, N. A., & Ahsanuddin, M. (2021). Pembelajaran Daring melalui Model Numbered Heads Together (NHT) pada Kemahiran Menulis Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Bahasa Arab Nasioanl VII, 371–382.
Sinta. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together) Terhada Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Pketerampilan Membaca Bahasa Arab Kelas Viii Mts Nu Nurul Huda Kudus. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(1), 26–33.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian_Sugiono.pdf.
Suprapto. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif TipeNumbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan MotivasiDan Prestasi Belajar Matematika Barisan Dan DeretSiswa Kelas Xi Mipa-3 Sman 1 Ngadirojo. Jurnal Humaniora, 9(3), 147–217.
Sya’ada, M. W., & Turistiani, T. D. (2021). Penggunaan Media Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Surat Pribadi Dan Surat Dinas Di Kelas Vii-D Smp Negeri 1 Temayang. Bapala, 8(4), 17–30.
Syamsuddin, A. (2019). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 25–36.
Tanjung, M. R. (2023). Pengaruh Penggunaan PPT Interaktif terhadap Keterampilan Berbicara.
Umar, M. R. (2022). Wasîlah Renderforest Fî Tadrîs Al-Mufrodat Li Thalabah As-Shaf Ats-Tsâmin Fî Al-Madrasah Al-Tsânawiyah Al-Hukûmiyah 1 Payakumbuh. 5(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v13i2.28268
Refbacks
- There are currently no refbacks.