Analisis Self-Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Mata Kuliah Elektronika Dasar

Authors

  • Juniar Afrida Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh https://orcid.org/0000-0002-3507-0813
  • Zahriah Zahriah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Samsul Fala Alaidin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Lidia Sartika Arani Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/k1jnya92

Abstract

Self-regulated learning (SRL) merupakan aspek penting dalam mendorong kemandirian mahasiswa dalam proses belajar. Mahasiswa sering menunjukkan keterbatasan dalam mempersiapkan materi dan menyelesaikan tugas di luar kelas, khususnya pada mata kuliah Elektronika Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat SRL mahasiswa Pendidikan Fisika di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui angket tertutup kepada 30 mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa seluruh responden (100%) memiliki tingkat SRL pada kategori tinggi, dengan rata-rata skor sebesar 67,71. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi pembelajarannya secara mandiri. Studi ini menegaskan pentingnya penguatan strategi SRL dalam pembelajaran Elektronika Dasar, sebagai upaya peningkatan efektivitas dan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2025-06-30