PRAGMATISME: KONSEP UTILITAS DALAM PENDIDIKAN

Razali M.Thaib Razali M.Thaib

Abstract


Pragmatisme mengajarkan bahwa tujuan berfikir adalah kemajuan hidup, yakni untuk memajukan dan memperkaya kehidupan. Nilai pengetahuan manusia dinilai dan diukur dengan kehidupan praktis. Menurut James “tidak ada ukuran untuk menilai kebenaran absolut, benar atau palsunya pikiran akan terbukti di dalam penggunaannya dalam praktik dan tergantung dari berhasil atau tidaknya tindakan tersebut. Esensi potensial pendidikan, Pendidikan: suatu daya yang mampu membuat manusia berada di dalam kepribadiannya sebagai manusia, bukan makhluk lain. Pendidikan menumbuhkembangkan “kecerdasan inteligensia”. Eseensi konkrit pendidikan, Pendidikan: suatu daya yang mampu membuat setiap manusia individu berkesadaran utuh terhadap hakikat keberadaanya berdasar nilai asal usul dan tujuan kehidupannya. Berdasar kecerdasan spritual dan kecerdasan intelektual, hakikat konkrit pendidikan menekankan pada “kecerdasan emosional” yaitu kemampuan individu dalam mengendalikan perilakunya agar senantiasa sesuai dengan nilai asal usul dan tujuan kehidupan.Potensi manusia ditumbuhkan secara seimbang dan terpadu agar spirit manusia semakin cerdas.Manusia yang eksis dalam kecerdasan spiritualnya cenderung berwawasan luas dan mendalam, yang membuka untuk memasuki dunia transenden.


Keywords


Pragmatisme: Konsep Utilitas, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Dewey, John, Encyclopedia of American Education, 1920 (vol. 1-3)

Fuad Ihsan..Filasafat Ilmu. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Imam Barnadib. Filsafat Pendidikan (Sistem dan Metode), Yogyakarta: Andi Offset. 1976.

Jalaluddin, Idi, Abdullah, Filsafat Pendidikan,Manusia, Filsafat dan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Juhaya S. Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Jakarta: Prenada Media, 2003.

Kochhar. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History), Jakarta: Gramedia, 2008.

Mudji, Sutrisno, F.X., Pragmatisme, Jakarta: PT. Gramedia, 1997.

Muhammad Adib. Filsafat Ilmu (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Logika Ilmu Pengetahuan), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Munir, Misnal, dkk, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Salam, H. Burhanuddin, Pengantar Pedagogic, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Sholeh, Munawar, Cita-cita Realita Pendidikan, Jakarta: Institute For Public Education, 2007.

Smith, Samuel, Gagasan-Gagasan Besar Tokoh-tokoh dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1986.

Teguh Wangsa Gandhi, Filsafat Pendidikan (Mazhab-mazhab filsafat pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Uyoh Sadulloh. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v4i1.3945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.