PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK PADA MTsS DARUL AMAN ACEH BESAR

Nurussalami Nurussalami

Abstract


Pengelolaan Pembelajaran Akidah Akhlak secara efektif dapat membentuk moral dan akhlak yang baik untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Tujuan pembelajaran Akidah akhlak adalah untuk membentuk budi pekerti yang Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran, mulai dari penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan Akidah Akhlak  pada MTsS Darul Aman  kecamatan darussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru pendidikan Akidah Akhlak dan Siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) proses penyusunan rencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) Pendidikan Akidah Akhlak dilakukan dengan beberapa langkah yaitu menentukan unit pembelajaran yang diterapkan dalam PBM, menetapkan standar Kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan indikator, menentukan alokasi waktu, menyusun langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup, materio pembelajaran, metode alat dan sumber, serta penilaian (b) pelaksaan pembelajaran Akidah Akhlak  dimulai dengan : mengatur posisi duduk siswa, bersiap dan memberi salam, membaca do’a mengabsen siswa, apersepsi, menyampaikan materi pembelajaran sesuai RPP, menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, hiwar, riyadhah, uswatun hasanah), menumbuhkan sikap positif dan memotivasi siswa agar gairah dalam belajar, mengelola interaksi dalam kelas serta menutup pelajaran dengan membaca do’a. Khusus materi shalat guru membimbing siswa mengadakan praktik langsung diruang mushalla.  (c) kemampuan mengevaluasi pembelajaran oleh guru Agama yaitu: dengan mengadakan evaluasi proses pembelajaran Akidah Akhlak  dari awal sampai akhir pembelajaran serta evaluasi formatif dan sumatif serta menentukan instrumen penilaiaan. (d) faktor penghambat pengelolaan pembelajaran pendidikan Akidah Akhlak adalah kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran, kultur sekolah, kurang guru dalam partisipasi pembentukan karakter siswa dalam berbicara sehari-hari sikap antara siswa dengan siswa dan guru dengan siswa , kurang peminaan dan pelatihan Etika dan prilaku siswa terhadap guru.


Keywords


Pengelolaan, Pembelajaran, dan Pendidikan Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Al-Quranul Karim, Terjemahan Departemen Agama RI, 2006.

Amirin, Tatang M, Subjek Penelitian, Responden Penelitian dan Informan (narasumber) Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

________ , Manajemen Kelas dan Siswa. Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Depag, Kumpulan Undang-undang dan Perarturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama, 2007.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Harun, Cut Zahri, Manajemen Sumber Daya Pendidikan, Yogyakarta: Pena Persada, 2009.

Hasan, Muhammad, Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghalian Indonesia, 2006.

Kusnandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: PSAPM, 2005.

Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Murniati AR, Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan, Bandung: Remaja Cipta Pustaka Media Perintis, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.