MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENDIDIKAN

Murni Murni

Abstract


Konflik sebenarnya sesuatu yang alamiah, yang dalam batas waktu tertentu dapat bernilai positif terhadap perkembangan sekolah, tetapi harus dikelola dengan baik dan hati-hati, sebab jika melewati batas dapat menimbulkan akibat yang fatal. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di sekolah harus dapat mengelola konflik dengan baik, sehingga memberikan manfaat yang positif dan terhindar dari akibat yang negatif. Dengan demikian manajemen konflik merupakan serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu konflik. Masalahnya, bagaimana kepala sekolah dapat menciptakan suasana yang harmonis, agar tidak terjadi konflik yang berdampak negatif pada tenaga kependidikan. Lebih dari itu, bagaimana kepala sekolah bersama tenaga kependidikan dapat mengendalikan konflik dan memanfaatkannya untuk kemajuan. Untuk kepentigan tersebut, kepala sekolah harus berwibawa, jujur, dan transparan. Itulah modal yang baik untuk menjalin komunikasi yang harmonis dengan para tenaga kependidikan, menciptakan rasa saling percaya, budaya malu, serta budaya kerja berbasis kreativitas dan spiritual. Dalam sebuah organisasi khususnya pendidikan konflik tidak bisa dipisahkan dan akan selalu timbul, namun konflik yang timbul harus mampu dimenej dengan baik agar terjadinya suasana sekolah yang aman, kondusif serta mampu meningkatkan pendidikan yang berkualitas tanpa mengesampingkan nilai-nilai budi pekerti yang baik.


Keywords


Manajemen, Konflik, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amiruddin Siahaan dkk, Manajemen Pengawas Pendidikan, Cet Ke-1, Ciputat Press Group: Quantum Teaching, 2006.

Ardiani, Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses, Jakarta: Dina Putra Aksara, 1996

F. Luthans, Organizational Behavior, Alih Bahasa: Vivin Andika Y, dkk, Yogyakarta: Andi, 2006

Gibson J.l Ivancevich, J.M dan Donelly J.R JH, Alih Bahasa: Nunuk Handoko, Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 1991

Hendrick William, Bagaimana Mengelola Konflik Petunjuk Praktis Untuk Manajemen KonflikYang Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

http: // www.scirbd.com/doc/manajemen-konflik 2011.

http://www.sub-kepegawaian.pta.manajemen–konflik-perubahan dan pengembangan, 2010.

ldag, R.J dan Stearns T.M, Management, Cincinati South-Western Publishing Co.

Kreps, G.L, Organizational Comunication Theory, New York: Longman

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

------------, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Cet Ke-5, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

------------, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi, Cet Ke-3, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

Prabu, Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Pickering, Alih Bahasa: Masri Maris, Kiat Menangani Konflik, Jakarta: Erlangga, 2006

Robbins, Stephen P. Teori Organisasi Struktur Desain dan Aplikasi, Alih Bahasa: Udaya Yusuf, Jakarta: Arcan, 1996

Ruky, Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Sudarman Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik, Cet Ke-2, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Thoha, miftah. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1983

UURI No. 20 Th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahjo Sumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007

Wibowo. Manajemen Perubahan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v4i1.3948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.