URGENSI KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Murni Murni State Islamic University (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/ji.v4i2.4134

Keywords:

Urgensi Komunikasi, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Manajemen Pendidikan Islam adalah aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan, serta suatu proses kerja sama yang sistematik, dan komprehensif dalam  rangka  mewujudkan  pendidikan  Nasional.  Mutu pendidikan Islam pada dasarnya dipengaruhi oleh banyaknya tahapan-tahapan kegiatan yang saling berhubungan, seperti: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Sehingga peranan manajemen pada semua lini baik (input, proses, output, dan outcome) tersebut mutlak diperlukan. Komunikasi yang disampaikan secara komunikatif dapat mengubah sikap, perilaku, pendapat/pandangan  kehidupan sosial seseorang. Hal ini dimungkinkan karena kegiatan komunikasi bukan hanya membuat orang lain mengerti dan mengetahui informatif tetapi juga bersedia menerima suatu paham atau keyakinan, ajakan, perbuatan atau kegiatan (persuasif). Makin baik komunikasi seseorang makin baik pula  kerja sama dengan orang lain. Komunikasi yang efektif menuntut rasa saling menghormati, percaya, terbuka dan tanggung jawab dengan baik.

References

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Cet. III, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Hardjana, A.M, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Jakarta: Kanisius, 2003.

Maman Ukas, Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, Bandung : Ossa Promo, 1999.

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. I, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Saifullah, Manajemen Pendidikan Islam, Cet. II, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Rosadi Ruslan, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Downloads

Published

2018-12-31