KONSEP MANAJEMEN HUMAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Dewasa ini pembahasan mengenai humas dalam lembaga pendidikan masih belum difungsikan secara baik oleh lembaga pendidikan terutama dalam lembaga pendidikan Islam. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya informasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh para pengelola atau pelaksana dalam lembaga tersebut kecuali mungkin di level pendidikan Tinggi sudah ada staf atau petugas sendiri bagian humas. Fungsi humas untuk lembaga pendidikan sangatlah penting. Karena dengan adanya humas yang baik, lembaga pendidikan dapat melanjutkan eksistensi lembaganya supaya bisa menggunakannya sebagai salah satu cara yang efektif untuk membuat lembaganya menjadi “ada” dan mempunyai citra (image) yang baik di masyarakat. Konsep dan aplikasi humas dalam suatu lembaga pendidikan bisa dan relatif mudah untuk dilaksanakan. Yang penting dalam hal ini adalah adanya keinginan dari lembaga tersebut untuk sadar akan fungsi dan tugas kehumasan. Masalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan peran serta masyarakat (stakeholder) untuk merealisasikan lembaga sekolah yang memiliki citra (image) yang baik disinyalir menjadi problem utama di lembaga pengertian antar kedua belah pihak dan memiliki rasa toleransi. Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, maka yang dimaksud dengan pengembangan lembaga pendidikan Islam adalah suatu upaya yang sistematis dalam merencana, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan lembaga pendidikan dengan segala aspeknya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien agar seluruh komponen sistem lembaga pendidikan Islam berkembang ke arah yang lebih baik, lebih besar dan lebih sempurna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Fatah Yasin, Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang: UIN-Maliki Press, 2012.
Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
Chritine Huda Dodge, Kebenaran Islam, Segala Hal Tentang Islam dari A-Z, terj. Ahmad Asnawi, Jogjakarta: Deglossia, 2006.
Cultip M Scott, Effective Public Relations, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Departemen Agama RI. Al-Hikmah Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, juz 11, Software al-Maktabah al-Syamilah, 2005.
George Terry R, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
http://rifqiemaulana. wordpress. com/2009/07/07/ membangun-citra-dan skill-humas/Oleh: Ali Rif’an/12 Januari 2010.s
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Jamal Ma’mur Asmani, Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan, Merintis dan Mengelola Madrasah yang Komprehensif, Jogjakarta: Diva Press, 2013.
Mc. Elerath, Managing Syistematic and Ethical Public Relation Compaigns, New York: Beanchmark publisher, 1997.
M. Sobry Sutikno, Manajemen Pendidikan, Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul (Tinjauan Umum dan Islami), Lombok: Holistica, 2012.
Muhaimin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
---------------, et al, Manajemen Pendidikan Islam: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana, 2011.
Muhammad al-Bukhari, Shahih Bukhari, Juz 3, Software al-Maktabah al-Syamilah, 2005.
Muhammad Syafii Antonio, Muhammad saw: The Super Leader Super Manager, Jakarta: Tazkia Publising, 2009.
Muslim, Shahih Muslim, juz 9, Software al-Maktabah al-Syamilah, 2005.
Mutiara S Panggabean, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995.
Onong Uchjana Efendi, Human Relations dan Public Relations, Bandung: Mandar Maju, 1993.
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Rosadi Ruslan, Manajemen Public Relation; Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Shahih Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU Sisdiknas.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v5i1.4352
Refbacks
- There are currently no refbacks.