PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP ABULYATAMA ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/ji.v6i01.9904Keywords:
Kepala Sekolah, Profesionalisme, guruAbstract
Peran kepala sekolah sangatlah penting dalam peningkatan profesionalisme guru, karena guru merupakan seorang pendidik yang harus memiliki kompetensi yang bagus sebelum mendidik peserta didiknya, namun permasalahan yang terjadi yaitu : pertama, guru masih kurang professional dalam proses pembelajaran terbukti bahwa adanya proses belajar mengajar tapi guru belum membuat RPP. kedua, karena tidak adanya pembuatan RPP bagi guru yang mengajar sehingga membuat guru tersebut susah memahami materi yang akan di ajarkan. Ketiga, guru masih kurang memahami metode yang harus diterapkan di dalam pembelajaran sehingga siswa yang sedang belajar keluar masuk kelas, oleh karena itu metode dan disiplin guru sangatlah di butuhkan dalam profesionalisme guru. Tujuan penelitian dalam Skripsi ini adalah untuk Untuk mengetahui peran sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SMP Abulyatama Aceh Besar dan Untuk mengetahui kendala dan solusi kepala sekolah dalam peningkatan pofesionalisme guru di SMP Abulyatama Aceh besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dalam bentuk deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Abulyatama Aceh Besar menggunakan perannya sebagai educator dan supervisor. Kendala kepalasekolah SMP Abulyatama Aceh besar dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah banyak guru yang masih gaptek dalam menggunakan teknologi, adapun solusi yang kepala sekolah lakukan yaitu semua guru diwajibkan membawa laptop bagi yang mempunyainya untuk belajar bersama di saat ada waktu luang, dan kepala sekolah SMP Abulayatama juga sedang mencari solusi lainnya yang sedang dilakukan yaitu bermusyawarah dengan dinas pendidikan untuk bisa menentukan solusi yang tepat, karena memang itu yang menjadi permasalahan pendidikan saat ini.
References
Ahmad tafsir,ilmu pendidikan dalam perspektif islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Basrowi & suwandi, memahami penelitian kualitatif, Jakarta : rineka cipta, 2008
Bambang Prasetyo, Metode Penelitian Kualitati, Bandung: Raja Grafindo Persada,2005
Daryanto, Kepala Sekola Sebagai Pemimpin Pembelajaran,(Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2011
Didin Kurniadi & Imam Machali, manajemen pendidikan konsep dan prinsip pengelolaan pendidikan, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2012
E Mulyasa, Menjadi sekolah professional Dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK : PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Etta Mamang Sangadji dan Sopian, Metodologi Penelitian : Pendekatan Praktis dalam Penelitian, ED, 1, Yokyakarta: ANDI, 2010
Etty kartikawati dan willem lusikooy,profesi keguruan, Jakarta : dirjen pembinaan kelembagaan Agama islam dan Universitas Terbuka, 1996
Hamzah B.Uno, profesi kependidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2007
Hendiyat soetopo dkk,Kepemimpinan supervise pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 1998
Istiqomah, mohammad sultan, sukses uji kompetensi guru, Jakarta: Dunia Cerdas, 2013
Jamal ma’mur Asmani, tips menjadi kepala sekolah Profesional, Yogyakarta: DIVA PRESS 2012
Kunandar, Guru professional, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007
Lies sudibyo. Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. No.2.vol.20 2011
Suryo Subroto, Dimensidimensi administrasi pendidikan di sekolah, Jakarta: Bina Aksara, 1998
Sumardi, pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP model dan
implementasinya untuk meningkatkan kinerja guru, Yogyakarta: CV BUDI UTAMA 2016
Suharmisi Arikunto, manajemen penelitian Jakarta:Rineka Cipta, 2005
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung : Alfabeta. 2016
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Albeta , 2013