KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 1 ACEH BESAR

Nazarullah Nazarullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolahdi MAN 1 Aceh Besar adalah pemimpin yang demokratis. Kepala sekolah juga memiliki sifat yang baik dan memiliki karisma (pengaruh) yang besar. Perannya sudah berjalan dengan baik yaitu sebagai: educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Adapun usaha kepala sekolah MAN 1 Aceh Besar dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan:1) Pembinaan disiplin, dengan cara memberi contoh yang baik seperti datang tepat waktu serta mentaati peraturan-peraturan sekolah; 2) Pemberian motivasi terhadap guru dengan cara memberi dukungan, pujian, mendorong guru untuk terus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan, ataupun berupa jabatan; 3) Pemberian penghargaan, dengan ucapan terimakasih, diterima ide-ide atau pendapatnya.

Keywords


Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah. Manajemen Sumber Daya Manusia. yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya., 2009.

Sanusi, Achmad. Kepemimpinan Pendidikan: Strategi Pembaharuan, Semangat Pengabdian, Managemen Modern. Bandung: Nuansa Cendikia, 2013.

Thoha, Miftah. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Usman, Nasir. Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru: Konsep, Teori Dan Model. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.