PENDIDIKAN PEMBEBASAN (Memahami Pemikiran Paulo Friere dari Perspektif Islam)

Basidin Mizal

Abstract


Paulo freire ia menjadikan pendidikan sebagai alat atau sarana untuk membebaskan masyarakat dari kepentingan kelompok elit yang menginginkan masyarakat menjadikan objek kepentingannya sehingga terjadi ke senjangan antara kaum elit dan masyarakat pada ilmunya. Dari segi program pemikiran pendidikan Paulo Freire cenderung tidak memiliki
agenda atau kurikulum yang harus dicapai. Berbagai hal yang dipelajari tampaknya diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat. Sehingga boleh jadi tidak tercapai target kompetensi utama. Di lihat dari sitem yang diterapkan pendidikan bersifat kritis, kesadaran, pemahaman yang mendalam dan bukan bersifat reflektif. Selalu mengedepankan dialog ini
menempatkan seseorang dalam posisi yang sejajar tidak menguasai, tidak saling memojok, dan tidak saling merendahkan, setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mengemukakan pendapat yang harus di hargai dan di hormati. Inilah mungkin kesamaannya dengan pendidikan Islam yang lebih mengutamakan nilai-nilai akhlak dalam semua diri kesiatanya.

Keywords


Pendidikan Pembebasan, perspektif Islam.

Full Text:

PDF

References


Malik Fadjar, “Kembali ke jiwa pendidikan: Memperkokoh Wacana Humanisasi Pendidikan Islam, dalam Imam Tolkhah dan Ahmad Barizi, Membuka jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Pendidikan Islam, Cet, 1. Jakarta: Raja Grasindo Persada, 2004.

Syafii Maarif, Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan, Sebuah Refleksi Sejarah, Jakarta: Mizan, 2009.

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Teosentris,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Adang Djumhur Salihin, Reformasi Syariah dan HAM Dalam Islam, Bacaan

Kritis Terhadap Pemikiran An-Naim, Yogyakarta: Gama Media, 2004.

Ahmad Syafii Ma’arif, Peta Bumi Pemikiran Islam di Indonesia, (Jakarta: Mizan, 2007).

Ali Audah, Konkordasi Qur’an, Bandung: Mizan, 1997.

Ali Shodiqin, Antropologi al-Qur’an, Model Dialektika Wahyu dan Budaya,

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Djohan Efendy, Adam, Khudi, dan Insan Kamil pandangan Islam tentang

Manusia dalam M. Dawam Roharjo, (penj), Insan Kamil dan Konsep Manusia menurut Islam Jakarta: Garafitti Press, 1985.

Erich Fromm, The Heart Of Man, Reotladge & kegaan, New York, 1966.

Fazlur Rahman, Islam and Modernitas, Transformation of an Intelectual

Tradition, Chicago: The University of Chicago Press, 1982.

Firdaus M. Yunus, Pendidikan Berbasis Realitas Sosial-Paulo Freire dan YB

Mangunwijaya, Cet. 2, (Jogjakarta: Logung Pustaka, 2005

Harun Nasution dan Azumardi Azra (penyunting), Perkembangan Modern dalam Islam, 112. Lihat pula, Seyyed Hossein Nasr, A. Young Muslim Guide To The Modern Word, diterjemah oleh, Hasti Tarekat, Menjelajah Dunia Modern: Bimbingan Untuk Muda Muslim, Bandung: Mizan, 1994.

Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: al- Maarif, 1980.

http/Brasil.htm. http://en.wikipedia.org/wiki/Paulo_Freire.

http://fredyguty.Wordpress.com/2010/07/28/Paulo-freire-pendidikan-yangmembebaskan.

http://halaqah.net/v10/index.php?topic=2550.0.

http://www.dempelonline.com/2009/11/potensi-diri/.

Ibn Khaldun, Mudaddimah, terj, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Ignas Kleden, “Pengantar” dalam Sudjatmoko, Etika Pembebasan, (Jakarta: LP3ES, 1984).

Jalaludin Rahmat, Reformasi Sufistik, Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.

L. Stoddard, The New Word of Islam, diterjemahkan oleh H.M Muljadi

Djojomardjono, ddk., Dunia Baru Islam, Jakarta: tp. 1966.

Lukman S. Thahir, Gagasan Islam Liberal Muhammad Iqbal, (Jakarta: Ilmu Jaya, 2002), h. 74 Asghar Ali Engineer, Islam dan Teologi Pembebasan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

M. Escobar dkk (ed), Sekolah Kapitalisme yang Licik, cet. III, Yogyakarta: LKiS, 2001.

Mathew Arnold, Cultyure and Anarchy, (London: Cambride University Press, t.th.h.54

Muhammad Iqbal, Membangun Kembali Pemikiran Agama dalam Islam, terj., Jakarta: Tintamas, 1966.

Muhammad Iqbal, The Reconstruction of Religions Thought in Islam, New Delhi: Kitab Bhavan,1981.

Muhammad Sayyid al-Wakil, Wajah Dunia Islam: Dari Dinasti Bani Umayyah hingga Imprilisme Modern, penerjemah Fadli Bahri, (Jakarta: Pustaka al- Kautsar, 1998), h. 127. Lihat pula Moh. ‘Atijah al- Abrasi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Penerjemah Bustani A. Gani dan Johar Bahri Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Nurcholis Madjid, Cita-cita Politik Dalam Aspirasi umat Islam Indonesia Jakarta Leppenas, 1993.

Paulo Freire, Menggugat Pendidikan, terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.