ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK ACEH SYARIAH KANTOR PUSAT PADA PROGRAM BANTUAN BINA LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BANDA ACEH

Mauriska Amalia, Ayumiati Ayumiati, Jalilah Jalilah

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sekumpulan kewajiban perusahaan untuk melindungi dan memajukan masyarakat dimana perusahaan menjalankan aktivitas usahanya. Wujud dari kewajiban tersebut dikemas dalam bentuk program CSR. Bank Aceh Syariah Kantor Pusat merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang menjalankan program CSR. Sebagai perwujudan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, Bank Aceh Syariah ikut serta dalam kegiatan program kemasyarakatan untuk menumbuhkan hubungan baik sampai ke lapisan masyarakat yang membutuhkan dukungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan dampak CSR Bank Aceh Syariah Kantor Pusat pada Program Bantuan Bina Lingkungan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui data primer berupa wawancara dengan pihak Bank Aceh Syariah Kantor Pusat dan masyarakat yang berdampak langsung terhadap bantuan CSR dari Bank Aceh Syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi CSR pada Program Bantuan Bina Lingkungan diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat Banda Aceh yang disalurkan melalui Program Bantuan Sosial, Program Bantuan Pendidikan, olahraga, seni budaya, dan pariwisata daerah, Program Bantuan Kesehatan, dan Program Bantuan Yayasan. Adapun dampak CSR pada program Bantuan Bina Lingkungan yaitu tercapainya indikator kesejahteraan masyarakat dalam bidang sosial, pendidikan dan kesehatan masyarakat Banda Aceh. Dan juga tercapainya kesejahteraan masyarakat berdasarkan prinsip syariah yaitu dalam hal pemanfaatan harta atau kekayaan (maal), tercapainya intelek atau akal (aql), dan juga menjaga hidup atau jiwa (an-nafsi).


Keywords


CSR, Bina Lingkungan, Kesejahteraan Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Dumper, M. (1999). Wakaf Muslimin di Negara Yahudi. Jakarta: Lentera Basritama.

Affriadi, Wahyu. (2016). Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Bage Bungkur (BB) (Samaran) dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Lokal Lingkar Tambang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

Anto, M.B. Hendrie dan Astuti, Dwi Retno. (2008). Persepsi Stakeholder Terhadap Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Kasus Pada Bank Syariah di DIY. Jurnal Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen, 10(1).

Badrudin Rudy. (2012). Ekonomika Otonomi Daerah. Yogyakarta: (UUP STIM YKPN).

Capra, M. Umer. (2000). Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Press & Tazkia Cendekia.

https://aceh.bps.go.id di akses pada 20 Maret 2020

http://www.bankaceh.co.id di akses pada 20 Maret 2020

Karim, Adiwarman A. (2014). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasiram, Moh. (2010). Metodologi Penelitian (Refleksi Pengembangan Pemahaman dan Penguasaan Metodologi Penelitian) Cet. Ke-2. Malang: UIN Maliki.

Koentjaraningrat. (1997). Metode-metode Penelitian Masyarakat, edisi revisi III. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lubis Aminah. (2017). Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PT. Perkebunan Nusantara IV-SOSA Ditinjau Dari Perrpektif Ekonomi Islam. Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Pratama, Bobby Jayadi, dkk. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di PT. Socfin. Jurnal Masepi, 3 (1).

Probosiwi Ratih. (2016). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. SOSIA: Jurnal ilmu-ilmu sosial, 13 (2), 30-40.

Sofyanty, Yossie Ria, dkk. (2017). Analisis Penerapan CSR Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Hotel IBIS Surabaya City Center). Jurnal Administrasi Bisnis, 42 (2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit: Alfabeta.

Suharto Edi. (2012). CSR dan COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suryani, Rezky Aditya dan Hendra, Yan. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat. Jurnal Interaksi, 2(1): 85-106.

Sutrisno, Hadi. (1989). Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Syukron, Ali. (2015). CSR dalam Perspektif Islam dan Perbankan Syariah. Jurnal Economic dan Hukum Islam, 5 (1).

Untung, Budi. (2014). CSR Dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wida Syaniatul. (2017). Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT. Telkom Majapahit Bandar Lampung). Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yusanto dan Yunus. (2009). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Putra Medika.

Yusuf, Muhammad Yasir. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Depok: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v3i2.10456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mauriska Amalia, Ayumiati Ayumiati, Jalilah Jalilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: