Determinan Minat Menabung Masyarakat Banda Aceh Pada Bank Aceh Syariah
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v5i2.25422Keywords:
Motif Rasional, Pengetahuan, Religiusitas, Minat MenabungAbstract
Adanya dinamika dan fluktuasi dalam perkembangan jumlah nasabah pada PT Bank Aceh Syariah tentu memperlihatkan minat masyarakat untuk memutuskan pilihannya, baik untuk tetap menjadi nasabah atau tidak. Minat masyarakat untuk menjadi bagian dari Bank Aceh Syariah tentu dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk faktor motif rasional, pengetahuan, dan religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel motif rasional, pengetahuan, dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat Rukoh Kota Banda Aceh pada Bank Aceh Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 3.853 dan sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Analisa data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motif rasional, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat menabung masyarakat Rukoh. Motif rasional, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Rukoh Kota Banda Aceh. Saran peneliti agar pihak bank terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bank dan masyarakat terus meningkatkan pengetahuannya tentang bank.References
Asnawi. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah BNI Syariah Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: UIN Suka Yogyakarta.
Bachtiar, A. (2012). Filsafat ilmu edisi revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hendra, M. (2018). Pengaruh Motif Rasional Terhadap Keputusan Pembelian Steak (Studi Kasus Di Waroeng Steak And Shake Jalan Melati Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Alkilaril Jalaluddin. (2012). Psikologi Algalmal Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nasir, M., Mukhlis, M., & Miskarina, M. (2016). Pengetahuan Masyarakat Umum Dan Masyarakat Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Kemukiman Bandar Baru Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara). Journal of Economic Management & Business, 1, 43-60.
Muksal, M., Furqani, H., & Mustika, R. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Bank Aceh Syariah. EKOBIS SYARIAH, 7(1), 26-33.
Muksal, M., Ayumiati, A., & Yuliadra, T. F. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Asuransi Syariah. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(2), 148-160.
Fariza, C., Ayumiati, A., & Muksal, M. (2023). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK ACEH SYARIAH. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 39-50.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta, 193.
Slalmeto. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rinekal Cipta.
Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaltif dan R&R. Bandung: Alfalbeta.
Wahyuni. (2008). Pengaruh Motivasi, Presepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewiralusahaan Vol 10 Nomor 1.
Sari, & dkk. (2019). Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Rejang Lebong. Skripsi. IAIN Curup.
Sangadji, Ettal Mamang dan Sopiah. (2012). Perilalku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Peter, J. P. D. & Olson, J. C. (2009). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, edisi kesembilan. Jakarta: Salembal Empat.
Muslimin, Imam. (2013). Pemimpin Perubahan. Malang: UIN Maliki Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.