Determinan Minat Menabung Masyarakat Banda Aceh Pada Bank Aceh Syariah

Putri Machfirah, Israk Ahmadsyah, Ana Fitria

Abstract


Adanya dinamika dan fluktuasi dalam perkembangan jumlah nasabah pada PT Bank Aceh Syariah tentu memperlihatkan minat masyarakat untuk memutuskan pilihannya, baik untuk tetap menjadi nasabah atau tidak. Minat masyarakat untuk menjadi bagian dari Bank Aceh Syariah tentu dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk faktor motif rasional, pengetahuan, dan religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel motif rasional, pengetahuan, dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat Rukoh Kota Banda Aceh pada Bank Aceh Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 3.853 dan sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Analisa data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motif rasional, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat menabung masyarakat Rukoh. Motif rasional, pengetahuan dan religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat Rukoh Kota Banda Aceh. Saran peneliti agar pihak bank terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bank dan masyarakat terus meningkatkan pengetahuannya tentang bank.

Keywords


Motif Rasional; Pengetahuan; Religiusitas; Minat Menabung

Full Text:

PDF

References


Asnawi. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah BNI Syariah Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: UIN Suka Yogyakarta.

Bachtiar, A. (2012). Filsafat ilmu edisi revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hendra, M. (2018). Pengaruh Motif Rasional Terhadap Keputusan Pembelian Steak (Studi Kasus Di Waroeng Steak And Shake Jalan Melati Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Alkilaril Jalaluddin. (2012). Psikologi Algalmal Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasir, M., Mukhlis, M., & Miskarina, M. (2016). Pengetahuan Masyarakat Umum Dan Masyarakat Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Kemukiman Bandar Baru Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara). Journal of Economic Management & Business, 1, 43-60.

Muksal, M., Furqani, H., & Mustika, R. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Bank Aceh Syariah. EKOBIS SYARIAH, 7(1), 26-33.

Muksal, M., Ayumiati, A., & Yuliadra, T. F. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Asuransi Syariah. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(2), 148-160.

Fariza, C., Ayumiati, A., & Muksal, M. (2023). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK ACEH SYARIAH. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 39-50.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta, 193.

Slalmeto. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rinekal Cipta.

Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaltif dan R&R. Bandung: Alfalbeta.

Wahyuni. (2008). Pengaruh Motivasi, Presepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewiralusahaan Vol 10 Nomor 1.

Sari, & dkk. (2019). Pengaruh Latar Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Rejang Lebong. Skripsi. IAIN Curup.

Sangadji, Ettal Mamang dan Sopiah. (2012). Perilalku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Peter, J. P. D. & Olson, J. C. (2009). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, edisi kesembilan. Jakarta: Salembal Empat.

Muslimin, Imam. (2013). Pemimpin Perubahan. Malang: UIN Maliki Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v5i2.25422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Machfirah, Israk Ahmadsyah, Ana Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: