PENGARUH PEMBIAYAAN TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2020

Rida Al Husna, Khairatun Hisan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah terhadap profitabilitas pada bank umum syariah di Indonesia pada tahun 2016-2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder. Data yang digunakan dalam  penelitian ini adalah data triwulan  dari pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah terhadap profitabilitas pada bank umum syariah di Indonesia pada tahun 2016-2020. Metode analisis data menggunakan regresi linear data panel dengan metode E-Views 9. Berdasarkan hasil secara parsial variabel pembiayaan mudharabah tidak signifikan dengan tingkat sig sebesar (0.4889 > 0,05) terhadap profitabilitas pada bank umum syariah di Indonesia. Secara parsial variabel pembiayaan musyarakah memiliki signifikan dengan tingkat sig  sebesar (0,0101<  0,05) terhadap profitabilitas pada bank umum syariah di Indonesia. Secara parsial variabel pembiayaan murabahah tidak signifikan dengan tingkat sig sebesar (0,9043 > 0,05) terhadap profitabilitas pada bank umum syariah di Indonesia. Hasil penelitian secara simultan variabel pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas pada bank umum syariah di Indonesia. kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisilis koefisien determinasi (adjusted R2) bahwa 77,54% variabel profitabilitas dipengaruhi oleh variabel independen.


Keywords


Pembiayaan Mudharabah; Musyarakah; Murabahah; Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Abshari, Dinan Izzan dan Fatin Fadhilah Hasib, “Faktor Yang Mempengaruhi Dana Deposito Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2010-2015”, Jurnal Nisbah, 2018.

Andrianto dan M. Anang Firmansyah, Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori Dan Praktek), Surabaya: CV. Qiara Media, cet 1, 2019.

Anisa, Salsabila Tisat dan Saiful Anwar, “Determinan Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Tingkat Likuiditas Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Perbankan Syariah (JPS), 2021.

Arifianto, Teguh dan Apollo, “Pengaruh Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Profitabilitas”, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2020.

Bahri, Syaiful, “Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas”, Jurnal Akuntansi Syariah, 2022.

Dharma, Yulius dan Ade Pristianda, “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Profitabilitas (Return On Assets) Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia”, Jurnal Ekonomika Indonesia, 2018.

Faoziyyah, Alissa Azmul dan Nisful Laila, “Faktor Internal Dan Faktor Makro Ekonomi Yang Mempengaruh Profitabilitas Asuransi Syariah Di Indonesia Periode 2016-2018”, Jurnal Ekonomi syariah Teori dan Terapan, 2020.

Fariza, C., Ayumiati, A., & Muksal, M. (2023). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK ACEH SYARIAH. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 39-50.

Fatharani, Kartika dkk, “Pengaruh Berbagai Pembiayaan Terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia”, Indonesian Journal Of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 2023.

Firda, Elda dan Clarashinta Canggih, “Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah”, Jurnal Ekonomika dan Islam, 2020.

Harianto, Syawal, “Rasio Keuangan Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2017.

Juliandi, Azuar dan Irfan, “Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis”, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2013.

Komariah, Euis, “Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah Di Indonesia Dari Aspek Risk Profile”, Jurnal Online Insan Akuntansi, 2016.

Lestari, Utami Puji dan Fitri Dwi Jayanti, “Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Di Indonesia”, Journal Of Management dan Bisnis, 2020.

Lukman Dendawijaya, Manajemen Perbankan, Jakarta: Ghalia Indonesia, cet 2, 2009.

Mahardika, Nyoman Febri dan Luh GedeSri Artini, “Pengaruh Rasio Pasar dan Rasio Profitabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia”, E-Jurnal Manajemen Unud, 2017.

Millania, Annisa, “Pengaruh BOPO, NPF, ROA Dan Inflasi Terhadap Aset Perbankan Syariah Di Indonesia”, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 2021.

Muhaemin, Ahmad dan Ranti Waliasih, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia”, dalam Jurnal Nisbah, 2016.

Muhammad, “Manajemen Keuangan Syariah Analisis Fiqh dan Keuangan”, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2016

Muhammad, Heikal Zakaria, “Analisis penggunaan Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Musyarakah”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2020.

Muksal, M. (2018). The impact of Non-Performing Financing (NPF) to profitability (return on equity) at sharia bank in Indonesia. European Journal of Islamic Finance, (11).

Muksal, M., Hasnita, N., & Nazirah, P. (2023). ISLAMIC FINANCIAL LITERACY AND INCLUSION LEVEL. IHTIYATH: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 7(1), 18-34.

Niode, Nenda Nurjannah dan Chabachib,”Pengaruh CAR, Pembiayaan, NPF dan BOPO Terhadap ROA Bank Umum Syariah Di Indonesia”, Jurnal Of Manajemen, 2016.

Novyanti, Linda Ayu dan Wirman,”Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Profitabilitas”, 2022.

Nurdin, Ridwan, “Fiqih Muamalah (Sejarah, Hukum dan Perkembangannya)”, Bnda Aceh: Yayasan PENA, 2010.

Nurjanah, Laily dkk, “Rasio Profitabilitas dan Penilaian Kinerja Keuangan UMKM”, Jurnal Manajemen Binis, 2021.

Rahmah, Syahla Aidah Nur, “Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia: Pengaruh Faktor Internal Serta Pembiayaan UMKM Sebagai Variabel Intervening”, Journal Of Applied Islamic Economics and Finance, 2022.

Ramadhani, Linda Devy dan Taufikur Rahman, “Peran Operasional dan Pendapatan Operasional Dalam Hubungan Pembiayaan dengan Return On Asset Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia”, Jurnal Perbankan Syariah, 2021.

Rasid, Ayub Usman, “Analisis Profitabilitas pada PT. Fast Food Indonesia Tbk”, dalam Jurnal Gorontalo Management Research, 2018.

Rayhan, “Bank Umum Syariah Di Indonesia”, Jurnal Akuntansi, 2017.

Rivai, Veithzal dan Andrian Permata Veithzal, “Islamic Financial Management”, Jakarta: RajaWali Press, 2008.

Rivai, Veithzal, Commercial Bank Management: Manajemen Perbankan dari Teori ke Praktik, Jakarta: Rajawali Pers, cet 1, 2013.

Rozalinda, “Fiqih Ekonomi Syariah Prinsip dan Implementasinya pada Sektor Keuangan Syariah”, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2017.

Rusby, Zulkifli, Manajemen Perbankan Syariah, Pekan Baru: Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR, 2017.

Sanjaya, Surya dan Muhammad Fajri Risky, “Analisis Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Taspen (Persero) Medan”, Jurnal Kitabah, 2018.

Sirat, Abdul Hadi, “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah Dan Ijarah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah (BUS) Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)”, Jurnal Manajemen Sinergi, 2018.

Suci, Nungcahyani dan agung wahyudi, “pengaruh pembiayaan terhadap profitabilitas (ROA) Pada Bank Umum Syariah di Indonesia (2017-2022)”, 2024.

Sudarmanta, Ketut, “Determinasi Profitabilitas Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2016.

Susanto, Herry dan Khaerul Umam, “Manajemen Pemasaran Bank Syariah”, Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Umiyarzi, Elza dkk, “pengaruh pembiayaan Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Indonesia Periode 2016-2020”, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v5i2.25429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rida Al Husna, Khairatun Hisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: