PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v6i1.25543Keywords:
Pengetahuan, Kepercayaan, Pelayanan, Baitul MalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data regresi linier berganda. Data penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dengan pengolahannya menggunakan SPSS 23. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, sedangkan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Secara simultan pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh.Downloads
References
Ahmad, S., Wahid, H., & Mohamad, A. (2006). Penswastaan Institusi Zakat dan Kesannya Terhadap Pembayaran Secara Formal Di Malaysia. International Journal Of Management Studies. 13(2): 175–196.
Anggita, Amelia., dan Yuliafitri, Indri. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat. ISEI Accounting Review. 4(1):8-13.
Baitul Mal Kota Banda Aceh. (2021). Jumlah Muzakki dan Zakat Terhimpun di Baitul Mal Kota Banda Aceh Tahun 2015-2021. Diakses Pada 22 September 2022 Melalui https://baitulmal.bandaacehkota.go.id/.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dewi, Nanda. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Di Baitul Mal Banda Aceh. Skripsi Tidak Dipublikasi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Fariza, C., Ayumiati, A., & Muksal, M. (2023). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK ACEH SYARIAH. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 39-50.
Gurning, Herfita Rizki Hasanah dan Ritonga, Haroni Doli Hamoraon. (2015). Analisis Tingkat Kesadaran Masyarakat Kecamatan Medan Baru Dalam Membayar Zakat, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, No.7, Vol.3.
Hamzah, Z dan Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Kepada BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance. 3(1):30- 40.
Jagdish N, S., & Banwari, M. (2004). Customer Behavior: A Managerial Perspective. Ohio: Thomson South-Western.
Kasmir. (2014). “Manajemen Perbankan”.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniati, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Membayar Zakat, Infaq Dan Shadaqah Di LAZIS RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan (Studi Kasus Karyawan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan). Skripsi.
Moenir, H.A.S. (2002). “Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia”. Jakarta: Bumi Aksara.
Mukhlis, A., & Beik, I. S. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat: Studi Kasus Kabupaten Bogor. Al-Muzara’ah. 1(1).
Muksal, M., Ayumiati, A., & Rahmatika, U. (2023). Peran Zakat Produktif Terhadap Peningkatan Laba Usaha Mustahiq. Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam, (1), 51-61.
Muksal, M., Ramly, A., Abd Majid, M. S., & Indriani, M. (2020). The Effect Of Needs For Performance, Affiliation, And Domination On The Motivation Of Coastal Women Business In Aceh Province. JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(1), 1-12.
Muliadi. (2014). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Menyalurkan Zakat pada Dompet Dhuafa Waspada di Kecamatan Medan sunggal. tesis.
Namiroh, Nur Madinatul. (2021). Pengaruh Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi Kasus Di Lazismu Kabupaten Gresik). Skripsi Tidak Dipublikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Nurhasanah. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Laz Yayasan Insan Madani Jambi. BIMA: Journal of Business and Innovation Management. 1(2): 111-127.
Nurhayati, Sri dan Wasilah. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Pakpahan, Dewi Rafiah., dan Fadli, Ahmad. (2021). Pengaruh Pelayanan, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Baznas Sumut. Ekuivalensi: Jurnal Ekonomi Bisnis. 7(2): 280-294.
Prahmadita, A. D. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siwa untuk mengikuti Ekstrakulikuler di SMPN 1 Sleman. 9.
Qardhawi, Y. (2014). Hukum Zakat. Jakarta: Mitra Kerjaya indonesia.
Rouf, M. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang. Skripsi.
Sari, E. K. (2016). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. Jakarta: Grasindo.
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.
Susilawati, Mita. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi Tidak Dipublikasi.
Wibowo. (2016). Manajemen Perubahan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.