FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abrilia , & Tri. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi DANA Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata niaga.
Abrilia, N., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi DANA Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata.
Ahmad, & Djazuli. (2006). Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Masalah-Masalah yang Praktis. Jakarta: Kencana.
Ahmad, & Pambudi. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Jurnal Studi Manajemen.
Arifiyanto, & Kholidah. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menggunakan Uang Elektronik Berbasis Server. Jawa Tengah: Penerbit NEM.
Arisman. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna Gopay) Palembang. Palembang : Universitas Multi Data.
Atriani. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan OVO Pada Pelanggan Grab Mahasiswa Iain Surakarta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Jurnal Academica Of Multidiciplinnary Studies.
Ayu. (2020, 08 23). ShopeePay. Retrieved from Apa Itu ShopeePay: https://pluginongkoskirim.com/apa-itu-shopeepay/
Bayu Setiawan. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Journal of Chemical Information and Modeling, 1686-1699.
Chusnah, & Khairunnisa. (2020). Pengaruh Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Daulay, & Gita. (2020). Faktor Penentu Dompet Digital Pada Konsumen di Daerah. Jurnal Indonesia Business Review.
Davis, Fred D. 1989.” Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly, vol. 13 no. 3 p. 319-340. Dalam www.researchgate.net [diakses 5 September 2018].
Davis, Fred D. dkk. 1989. “User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoritical Models”. Management Science, vol. 35 no. 8 p. 982-1002. Dalam www.researchgate.net [diakses 12 September 2018]
Defira Amadea Wongso. (2020). Analisa User Experience terhadap Customer Loyalty dengan Trust sebagai Variabel Interviening pada Aplikasi OVO Digital Payment.
Faridhal. (2020). Analsis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat PEnggunaan Ulang E-Wallet Pada Generasi Milenial di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal, Bisman.
Fariza, C., Ayumiati, A., & Muksal, M. (2023). Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT. Bank Aceh Syariah. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 39-50.
Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, n. (n.d.). Fatwa DSN-MUI No: 116/DSN-MUI/IX/20I7 Tentang Uang Elektronik Syariah. s.l.:s.n.
Fu, h., & et all. (2022). Sustainability Development Dari Harbin untuk Indonesia. Yogyakarta: UAD PRESS.
GADTECH. (2023, 04 29). DANA. Retrieved from Dompet Digital Dana: https://ruber.id/dana-dompet-uang-digital-terpopuler-di-indonesia/
GADTECH. (2023, 04 30). Dompet Digital OVO. Retrieved from Dompet Digital OVO: https://ruber.id/dompet-digital-ovo-kenali-fitur-dan-keunggulannya/
GADTECH. (2023, 05 24). Aplikasi Gopay. Retrieved from Aplikasi Gopay: https://ruber.id/aplikasi-gopay-revolusi-finansial-di-ujung-jari/
Garfinkel. (2010). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. Bandung: PT. Insan Komunikasi.
Gemal Panggabean. (2021, 07 19). LinkAja. Retrieved from Aplikasi Uang Elektronik & Dompet Digital Milik BUMN: https://duniafintech.com/linkaja-aplikasi-uang-elektronik-dompet-digital-milik-bumn/
Gemala Wijaya. (2019). Transaksi E-Money Terhadap Layanan Go-Pay Pada Aplikasi Go-Jek Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal UIN Banten, 2656-3096.
Ikayanti Riza Laely. (2014). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi ELektronik. Skripsi-UIN Sunan Kalijaga.
Intan Nurmalasari. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Dompet digital LinkAja. Jurnal Akuntansi Universitas.
Irawati. (2019). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses). Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise Volume 04, Nomor 02 (2019) Nomor 02.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.
Kinasih. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan Dan Privasi Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal uii.ac.id.
Kuganathan, & Wikramanayake. (2014). Next Generation Smart Transaction Touch Points. International Conference on Advances in ICT for Emerging Regions (ICTer).
Kunthi Fahmar Sandy. (2020). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money pada Masyarakat Kota Denpasar. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Maghfira. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Pembayaran Go-Pay. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Marcella Giovani Safitri . (2020). Pengaruh Trust, Perceived Benefits, and Ease of Use terhadap keputusan Penggunaan E-Wallet. (Studi Kasus Pengguna LinkAja pada Masyarakat Solo Raya).
Mughnil Al-Muhtaaj. (2011). Legalitas Kedudukan Hukum Pedagang Uang Elektronik (electronic money exchanger) dalam Sengketa Jual-Beli Uang Elektronik.
Muhammad Faisal, & Kraugusteeline. (2019). Analisis Behavior Intention pada Penggunaan Digital Payment dengan Menggunakan Metode Technologi Acceptance Model 3 (Studi Kasus pada Aplikasi LinkAja). .
Muksal, M., Ayumiati, A., & Yuliadra, T. F. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Asuransi Syariah. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(2), 148-160.
Muksal, M., Furqani, H., & Mustika, R. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Bank Aceh Syariah. EKOBIS SYARIAH, 7(1), 26-33.
Muksal, M., Hasnita, N., & Nazirah, P. (2023). Islamic Financial Literacy And Inclusion Level. IHTIYATH: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 7(1), 18-34.
Muksal, M., Zulhilmi, M., & Afdiani, S. (2024). Determinasi Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dalam Penggunaan Aplikasi Dana. Maqrizi: Journal of Economics and Islamic Economics, 4(1), 15-33.
Nasution. (2019). EKONOMI DIGITAL. Gajah Mada : Fakultas Ekonomi DanBisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram.
Ni Putu Widiyawati dkk. (2019). Kualitas Layanan, Harga, dan Persepsi Benefit Menggunakan Fitur Go-pay. .
Nida Khairunnisa. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Resiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet ShopeePay Pada Generasi Milenial Kota Semarang. Jurnal of Economic.
Ningrum. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Aplikasi Ovo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam TA 2016-2017 UIN Sumatera Utara). UIN Sumatera Utara.
Pasaribu. (2022). Kajian Kritis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Mahasiswa Dalam MemilihPembayaran Elektronik Non Bank. Jawa Timur: Global Aksara Pers.
Phan, M., & Oktavius, T. (2022). Teknologi Keuangan Anak. Universitas Katolik Soegijapranata: Scu Knowledge Media.
Phan, M., & Oktavius, T. (2022). Teknologi Keuangan Anak. Universitas Katolik Soegijapranata: Scu Knowledge Media.
Prayudi. (2022). Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Kegunaan Untuk Membangun Kepercayaan Dan Niat Menggunakan Kembali Layanan Mobile Banking. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran . Bandung: CV Pustaka Setia.
Ramadhani. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik Pada Aplikasi Ovo (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Rukmanasari. (2017). Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). . Jurnal Telkom Institute of Management.
Sagayarani. (2017). Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Pengguna E-Wallet OVO dan GOPAY di Pontianak. OBIS Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Saifuddin. (2019). Menelusuri Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan OVO Pada Pelanggan Grab Mahasiswa Iain Surakarta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Jurnal Academica Of Multidiciplinnary Studies.
Sari. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Channel Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Shukla, & Malhotra. (2019). Digital Payments in India. Journal of Business and Management, Volume 9 Hal 28-33.
Sutedi. (2009). Perbankan Syariah: Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suyoto, & Pranowo. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.
Venkatesh , & David. (2000). A model of the antecedents of perceived ease of use. Development and test.
Vivin, & Dian Devita. (2021). Penggunaan E-Wallet atau Dompet Digital Sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan.
Wasiaturrahma, & et all. (2020). Non-Cash Payment and Demand for Real Money in Indonesia. Journal of Economics Business & Accountancy Ventura.
Zahrul Muttaqin. (2019). Manajemen Teknologi Agribisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v6i2.25554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seri Murni, Khairi Khairi, Cut Dian Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Membership: