Analisis Determinan Minat Menabung Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Banda Aceh Pasca Qanun No.11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.22373/297fje06Keywords:
Halal Lifestyle, Sharia Financial Literacy, Interest in SavingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup halal dan literasi keuangan Islam terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah, dengan fokus pada Pegawai Negeri Sipil (ASN) Pemerintah Kota Banda Aceh. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menabung, sedangkan variabel independennya adalah gaya hidup halal dan literasi keuangan Islam. Penelitian ini memanfaatkan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden baik secara langsung maupun online. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup halal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Begitu pula dengan literasi keuangan Islam juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Secara simultan kedua variabel independen ini memiliki pengaruh positif terhadap minat menabung masyarakat. Oleh karena itu, semakin besar adopsi gaya hidup halal, maka semakin tinggi minat menabung di bank syariah. Selain itu, individu dengan literasi keuangan Islam yang baik cenderung memiliki minat menabung di bank syariah yang lebih tinggi.
Downloads
References
Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Ulama’i, A. H. A. A. (2019). Halal lifestyle di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57-81. https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.57-81
Afriyansyah, B., & Ridwan K. (2019). Mengkampanyekan Halal Lifestyle bagi Mahasiswa. Journal UBB. https://journal.ubb.ac.id.
Candan, F. B., & Kapucu, H. (2018). The effect of lifestyle on conspicuous consumption. In O. Ekşi & F. B. Candan (Eds.), Current debates in business studies, IJOPEC Publication Limited. 15(1), 109-125.
Díaz, A., Gómez, M., Molina, A., & Santos, J. (2018). A segmentation study of cinema consumers based on values and lifestyle. Journal of Retailing and Consumer Services, 4(1), 79-89.
Djuwita, D. & Yusuf, A. A. (2018). Tingkat literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM dan Dampaknya Terhadap Perkembangang Usaha, Al-Amwal, 10(1) , 107-112.
Dwiantoro, R. Z., Haryono, H., & Imamah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di BANK JATIM KCP Driyorejo Gresik. EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 55–63. https://doi.org/10.46821/ekobis.v1i2.28
Dwiantoro, R. Z., Haryono, H., & Imamah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di BANK JATIM KCP Driyorejo Gresik. EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 55–63. https://doi.org/10.46821/ekobis.v1i2.28
Falevy, M. I., & Priyatno, P. D. (2022). Pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan persepsi mahasiswa jabodetabek terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah. An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 3(1), 1-21.
Ferdinand, A. (2002). Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuahstudi Pendahuluan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 1(1), 107-119.
Harisya, S. M., & Mochlasin, M. (2022). Peran moderasi halal lifestyle pada hubungan pengetahuan keuangan dan kepercayaan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Journal of Halal Industry Studies, 1(1), 32-44.
Husna, P. M., Hafid, R., Bahsoan, A., & Ilato, R. (2023). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Minat Menabung Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Journal on Teacher Education, 5(1), 537-542.
Jailani, N., & Adinugraha, H. H. (2022). The Effect of Halal Lifestyle on Economic Growth in Indonesia. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.18196/jerss.v6i1.13617
Janah, F. F., & Raharja, M. C. (2023). The Effect of Religiosity, Literacy and Perception Levels on Students Interest in Saving in Islamic Banking. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics, 5(1), 15-26.
Khotimah, H., & Saputeri, N. P. (2024). The effect of Islamic Financial Literacy and religiosity on the interest of saving Generation Z in Islamic banks. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 6(1), 71-86.
Kristiyadi, & Hartiyah, S. (2016). Pengaruh kelompok acuan , religiusitas , promosi dan pengetahuan tentang lembaga keuangan syariah terhadap minat menabung di koperasi syariah (studi kasus pada bmt tamzis wonosobo). Ekonomi Dan Teknik Informatika, 5(9), 44–63.
Mingka, A. F., Syahriza, R., & Syakir, A. (2024). The Influence of halal lifestyle and digital technology on gen Z's decision to use Islamic Banking services. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 6(3), 261-270.
Mufidah, M., Handoko, L. H., & Rasyid, A. A. (2024). Pengaruh Halal Lifestyle, Literasi Keuangan Syariah, dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kota Banjar. Jurnal Al-Ittifaq: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 23-38.
Najah, T. Z., Ilmi, S., Aly, D. M., & Muhadi, M. F. (2024). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3536-3544.
Pratopo, G., & Hasan, I. (2024). The influence of knowledge and religiosity on saving interest in Islamic banks among Ponorogo residents. Journal of Islamic Economics Lariba, 10(1).
Puji, P. S., & Luqman, H. (2021). Peran Gender sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Inklusi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 1-12.
Rahim, S. H. A., Rashid, R. A., & Hamed, A. B. (2016). Islamic Financial Literacy and its Determinants among University Students: An Exploratry Factor Analysis. International Journal of Economics and Financial Issues, 6, 32–35.
Risnawati, R., & Syaparuddin, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Milenial Di Kabupaten Bone). Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi, 13(1), 1-19.
Risnawati, R., & Syaparuddin, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Milenial Di Kabupaten Bone). Al-Iqtishad: Jurnal Ekonomi, 13(1), 1-19.
Sari, A. J., & Pradesyah, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Bandar Parkland, Klang Selangor, Malaysia, Melakukan Transaksi di Bank Islam. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 44-53.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Ulya, N. H. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk. Cabang Semarang. Keunis Majalah Ilmiah, 82, 21–34.
Widiyawati, N., Handayani, Y. I., & Ningsih, W. F. (2023). Mampukah Pengetahuan, Produk, Promosi Dan Literasi Keuangan Mempengaruhi Minat Menabung?. Riemba-Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 90-103.
Zakiyah, Z., & Abdul, W. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Attitude, Lokasi Dan Religiositas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sirap Juai Kab. Balangan). Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman. 8(2), 124-144.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Miftahul Razaaq, Muhammad Yasir Yusuf, Muhammad Yasir Yusuf, Hafiizh Maulana, Hafiizh Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.