Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kemudahan, dan Perilaku Konsumtif Terhadap Minat Masyarakat Aceh dalam Menggunakan Fintech Peer To Peer Lending Syariah
DOI:
https://doi.org/10.22373/jtpscs14Keywords:
Islamic Financial Literacy, Convenience, Consumptive Behavior, Interest, Sharia Peer-to-Peer Lending FintechAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis dan memberikan bukti mengenai Pengaruh Literasi Keuangan Islam, Kenyamanan, dan Perilaku Konsumtif terhadap Minat Masyarakat Aceh dalam Menggunakan Fintech Peer-to-Peer Lending Syariah. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada individu yang mengetahui dan menggunakan Fintech Peer-to-Peer Lending Syariah. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Total sampel berjumlah 80 responden. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kenyamanan dan Perilaku Konsumtif berpengaruh positif terhadap minat masyarakat, sedangkan Literasi Keuangan Islam tidak berpengaruh positif terhadap minat masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis dan menghasilkan bukti mengenai Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kemudahan dan Perilaku Konsumtif Terhadap Minat Masyarakat Aceh Dalam Menggunakan Fintech Peer To Peer Lending Syariah. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang mengetahui dan menggunakan Fintech Peer To Peer Lending Syariah. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode Purposive Sampling. Jumlah masyarakat yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah 80 responden. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemudahan dan Perilaku Konsumtif berpengaruh positif terhadap minat masyarakat, tetapi Literasi Keuangan Syariah tidak berpengaruh positif terhadap minat masyarakat.
Downloads
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka Press.
Ahyar, H., Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, Auliya, N. H., Fardani, . . . Istiqomah, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Amalia, R. J. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Daya Beli Konsumen Terhadap Belanja Online Di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam (JIEBI).
Andriani, G., & Halmawati, H. (2019). Pengaruh Bagi Hasil, Kelompok Acuan, Kepercayaan Dan Budaya Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1322-1336.
Anggraeni, R. (2023, Juli 02). Bisnis. com. From https://finansial.bisnis.com/read/20230702/563/1670818/daftar-7-fintech-lending-syariah-kredit-lancarnya-ada-yang-100-persen
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2022). Indonesia Digital Outlook: Encouranging The Acceleration Of Sustainable Digital Transformation.
Ayuningtias, K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, E-Service. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung.
Badan Penghubung Pemerintah Aceh. (2023, Desember). Profil Aceh. From Badan Penghubung Pemerintah Aceh: https://penghubung.acehprov.go.id/
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Jakarta: BPS.
Darmawan, D. (2019). Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Serta Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 16-21.
Data Indonesia. (2024, Februari 15). Retrieved Mei, 2024 from Dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/data-penyaluran-pinjaman-online-di-indonesia-hingga-desember-2023
Dharmmesta, B., & Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
Dwi, P. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Semarang: Skripsi FEBI UNDIP.
Faradila, D., & Rafik, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan dan Intensi Meminjam dari Pinjaman Online/P2P Lending Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Selekta Manajemen: jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 63-76.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen : pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan disertasi ilmu manajemen. Semarang: Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Fithri, F. (2018). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMA Negeri 1Jetis Bantul Yogyakarta. Jurnal Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Fransisca, & Suyasa, P. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif Berdasarkan Metode Pembayaran. Jurnal Phronesis, 172-198.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hakim, A. M., & Setyabudi, D. (2020). Terpaan Informasi Pinjaman Online Di Media Online Dan Terpaan E-WOM Di Grup Facebook Pinjaman Online Dengan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Penggunaan Pinjaman Online. Interaksi Online, 141-151.
Handayani, V. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Fintech Peer to Peer (P2P) Lending Syariah Pada Generasi Milenial Di Sumatera Barat. Jakarta: Skripsi.
Hutapea, R. S. (2020). The Effect of Financial Technology (Fin-Tech) on Customer Satisfaction Level (A Case Study on SMEs). Atlantis Press.
Ibrahim, A. (2023). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam. Banda Aceh: Bumi Aksara.
Ichsan, W. (2023, Agustus 18). Retrieved April, 2024 from Serambinews.com: https://aceh.tribunnews.com/2023/08/18/rakyat-terjerat-pinjol-pemerintah-aceh-bisa-apa
Ismail, N., Muzakkar, K., & Al-Ayyubi, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Fintech Peer to peer (P2P) Lending Syariah: Studi Kasus Masyarakat di Jabodetabek. Jurnal Nasional.
Jogiyanto. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi, 2007.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). In Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Latifiana, D. (2017). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM). Surakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS).
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia.
Madani, H. R. (2021). Implementasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Pada Industri Fintech Syariah. Jurnal Geuthee.
Malikah, I. M., Mulyadi, D., & Hari Sandi, S. P. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Financial Technology Peer To Peer Lending (Pinjaman Online). Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi , 451-467.
Maulida, R. (2019, November 23). Online Pajak. From https://www.online-pajak.com/tentang-pajak-pribadi/fintech
Moehadi, Astuti, H., Firmansyah, M., & Wicaksono, A. B. (2023). Perilaku Konsumtif Dengan Penggunaan Fintech E-Wallet. Jurnal Dimensi.
Muadz. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Meminjam Di P2P Lending Syariah Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi. Jakarta: Skripsi PNJ.
Mulyana, Y. F. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online (Studi Kasus Toko Online OLX.Co.Id). ePrints@UNY.
Muzdalifah, & Gayatri, A. M. (2022). Memahami Literasi Keuangan Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif Dari Pinjaman Online. Journal Of Management.
Narastri, M., & Kafabih, A. (2020). Financial Technology (FINTECH) Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (IIJSE), 155-170.
Naution, D. A., Armayani H, R. R., & Prayoga, R. (2021). Tingkat Perkembangan Fintech (Financial Technology), Pemahaman Fintech (Financial Technology) dan Minat Mahasiswa UIN Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9080-9090.
Ningsih, D. N., & Hidayat, C. W. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Dan Social Media Terhadap Minat Beli Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM).
Nurdin, Azizah, W. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah.
Nurdin, Azizah, W. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah.
Nurdin, Azizah, W. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah.
Nurhayani, Syaqillah, A., & Prihatma, G. T. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pinjaman Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya. Jurnal Manajemen Perusahaan.
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Retrieved Mei, 2024 from Otoritas Jasa Keuangan: https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx
Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Perusahaan Fintech Lending Berizin Dan Terdaftar Di OJK Per 9 Oktober 2023. Jakarta: OJK.
Pramudi, R. Y. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lokal. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen.
Purnomo, R. (2016). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta : Wade Group.
Rahayu, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Pengguna Aplikasi LinkAja Oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau Ditinjau Dari Ekonomi Syariah. Skripsi.
Rahayu, D. N. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Pengguna Aplikasi LinkAja Oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau Ditinjau Dari Ekonomi Syariah. Riau: Skripsi UIN SUSKA RIAU.
Rahmawati, L., Rahayu, D. D., Nivanty, H., & Luthfiah, W. (2020). Fintech Syariah: Manfaat Dan Problematika Penerapan Pada UMKM. Jurnal Masharid Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 75-90.
Rasyid, A. (2019). Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Agama Islam. Yuris Prudentia Jurnal Hukum Ekonomi.
Rohmah, N. A., Susyanti, J., & Novianto, A. S. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Fintech, Fintech Knowledge, dan Gaya Hidup Konsumtif Terhadap Minat Penggunaan Pinjaman Online P2P Lending. Elektronik Jurnal Riset Manajemen.
Shobah, N. (2017). Analisis Literasi Keuangan Syariah Terhadap Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Sebagai Upaya Meningkatkan Sharia Financial Inclusion : Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi.
Sintawati, D., Nizar, M., Iltiham, M. F., & Farida, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Perilaku Konsumtif Terhadap Minat Jasa Pinjaman Online. JIESP: Journal Of Islamic Economics Studies and Practices.
Sintawati, D., Nizar, M., Iltiham, M. F., & Farida, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Perilaku Konsumtif Terhadap Pinjaman Online. JIESP : Journal of Islamic Economics Studies and Practices.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Literasi Media.
Soetiono, K., & Cecep, S. (2018). Literasi Dan Inklusi Keuangan Indonesia. PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suriani, S. (2022). Financial Behavior. Yayasan Kita Menulis.
Trygu. (2021). Teori motivasi Abraham H. Maslaow dan hubungannya minat belajar Matematika siswa. Medan: Medan: Guepedia, 2021.
Wida, P. M., Yasa, N. K., & Sukaatmadja, I. G. (2016). Aplikasi Model TAM (Technology Acceptance Model) Pada Perilaku Pengguna Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen (JUIMA).
Wiguna, M. M., & Rahman, T. (2023). Analisis Determinan Minat Menggunakan Peer To Peer Lending Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 93-110.
Wiguno, M. M. (2023). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Peer To Peer Lending Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Pada UMKM Kota Salatiga. Salatiga: Skripsi UIN Salatiga.
Wijoyo, H. (2021). Pengantar Bisnis. Insan Cendikia Mandiri.
Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Minat Belajar Budha Dharma Muda-Mudi Vihara. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta (JPW).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zikra Amalia, Isnaliana Isnaliana, Muksal Muksal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.