ANALISIS PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) BERBASIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK NOZY JUICE DI KOTA BANDA ACEH

Mifthahul Jannah, Farid Fathony Ashal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran berbasis syariah pada home industry Nozy Juice dan untuk mengetahui  pengaruh bauran pemasaran berbasis syariah pada home industry Nozy juice terhadap peningkatan minat beli konsumen.  Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Nozy Juice di seluruh kota Banda Aceh.  Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling.    Hasil dari data yang diperolah dari lapangan melalui  hasil wawancara, selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa secara simultan variabel bauran pemasaran berbasis syariah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.  Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 13.047 dengan probabilitas signifikan 0,000.  Sedangkan secara parsial keempat variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.  Hal ini dibuktikan, variabel produk – rabbaniyyah dengan nilai t-hitung sebesar 3,924 dan probabilitas signifikansi 0,000.  Variabel harga – akhlaqiyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,046 dan probabilitas signifikansi 0,044.  Variabel tempat – al-waqi’iyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,060 dan probabilitas signifikansi 0,033.  Variabel promosi – al-insaniyyah dengan nilai t-hitung sebesar 2,928 dan probabilitas signifikansi 0,005.  Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 64,8% sedangkan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

 

Keywords: Bauran Pemasaran Berbasis Syariah, Home Industry, Minat beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Alma, B., & Priansa, D. J. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

al-Mushlih, A., & ash-Shawi, S. (2007). Fikih Ekonomi Keuangan Islam. Jakarta: Darul Haq.

Amrin, A. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astika, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Terhadap Minat Beli Konsumen Untuk Membeli Produk Pada Zoya Palembang. Skripsi.

Awaliyah, N. (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Syariah Makanan Khas Gunung Jati Terhadap Minat Beli Peziarah (Studi Kasus Home Industry M. Iqbal Komplek Sunan Gunung Jati Cirebon). Skripsi.

Bachriansyah, R. A. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus Pada Masyarakat Semarang). Skripsi.

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rhineka.

Cravens, D. W. (2000). Pemasaran Strategi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Durianto, D. (2013). Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Bada Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunara, T., & Sudibyo, U. H. (2007). Marketing Muhammad. Bandung: Takbir Publishing House.

Hiam, A., & Schewe, C. D. (1994). The Portable MBA Pemasaran. Jakarta: Binarupa Aksara Cipta.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Bandung: Alfabeta.

Kertajaya, H., & Sula, M. S. (2008). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.

Kinnear, T. C., & Taylor, J. R. (2003). Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maesyaroh, S. (2015). Kinerja Bank Syariah Mandiri (BSM) Menggunakan Pendekatan Maqashid Sharia Index. Skripsi Mahasiswa UIN Yogyakarta, 20.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nurhabibah, A. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen di Pusat Oleh-oleh Getuk Goreng Khas Sokaraja Bayumas Jalan Raya Buntu-sampan. Skripsi.

Prof. J. Supranto, M.A.,APU. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rivai, V. (2012). Islamic Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rozalinda. (2015). Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarjono, H., & Julianiti, W. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, U. (2014). Research Methods for Business : Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Solihin, I. (2008). Memahami Business Pan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. (2013). Pengantar Bisnis. Prenada Media Grup: Kencana.

Supranto. (2012). Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Swasta, & Stanton, W. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2010). Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Rajawali Pers.

Zaky, M. (2018, Juli). Penerapan Bauran Pemasaran Berbasis Syariah pada Home Indutry Nozy Juice. (M. Jannah, Interviewer)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.



 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                      

                                                                                                     

                                                                                                      Creative Commons License  

                                                   This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 Membership: