PENGARUH KUALITAS DIGITAL BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BNI SYARIAH CABANG BANDA ACEH

Izma Fadlun Jannah, Inayatillah Djakfar, Azimah Dianah

Abstract


Layanan perbankan digital (digital banking) merupakan sebuah inovasi perbankan dalam memberikan pelayanan cepat yang bisa diakses kapan dan dimana saja kepada nasabah. Layanan perbankan digital dapat mempermudah nasabah dalam melakukan pembukaan buku rekening, transaksi perbankan, registrasi, komunikasi, dan penutupan rekening. Terkait dengan ini mutu atau kualitas layanan digital banking tentunya akan berdampak kepada kepuasan nasabah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas digital banking mempengaruhi kepuasan nasabah pada BNI Syariah KC Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan metode non-probability Sampling. Alat analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kualitas desain website, kualitas informasi website, accuracy, speed, dan security secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna digital banking pada BNI Syariah. Secara parsial variabel kualitas desain website dan kualitas informasi website tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna digital banking pada BNI Syariah. Sedangkan variabel accuracy, speed, dan security berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna digital banking pada BNI Syariah.


Keywords


kualitas; layanan; kepuasan; digital banking

Full Text:

PDF

References


APJII. (2018). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Dipetik Januari 10, 2019, dari Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia: http://www.apjii.or.id

Bank Indonesia. Perbankan Syariah. Dipetik Oktober 31, 2018, dari Bank Indonesia:https://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/contents/default.aspx

BNI Syariah. Beranda. Dipetik Febuari , 2019, dari www.bnisyariah.co.id/id.id/

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan : Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

OJK. (2016). Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum. Dipetik November 15, 2018, dari www.ojk.go.id

Pratama, D. R., Suyadi. I., Susilo. H. (2014). Persepsi User Terhadap Desain Website E-Commerce (Studi Pada Pengguna Website JKM Store). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 9 No.1

Rahmawanti, I. N., & Lubis, R. (2014). Win-Win Solution Sengketa Konsumen. Yogyakarta: Medpress.

Sanjaya, Iman. (2012). Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian KOMINFO Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Penelitian UPTEK-KOM. Vol. 14, No. 1

Sari, N. R.S.N & Budhy, A. (2014). Internet Marketing Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Universitas Sebelas Maret

Sari, Rahma Novita (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Bri Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jurnal E-Proceeding Of Management, Vol.2, No.1

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelangan Puas? Tak Cukup! Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Widyadinata,Yovita & Toly, Agus Arianto (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, Dan Kerahasiaan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Jurnal Tax & Accounting Review, Vol. 4, No.1

Wardhana, A. (2015). pengaruh kualitas layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Di Indinesia. DeReMa Jurnal Manajemen, 10, 2.

Zunaidi, M., Waluyo, D. E.,& Agustini, D. (2011). Analisis Pengaruh Akurasi, Ketepatan Waktu Dan Relevansi Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Atemis On Web Di PT. Telkom MSC Area IV Jawa Tengah Dan DIY.Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v2i1.8576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Izma Fadlun Jannah, Inayatillah Djakfar, Azimah Dianah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: